menulislah, blog kau dapat

Menulis merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Seiring dengan perkembangan teknologi, menulis bukan hanya bisa dilakukan di atas secarik kertas. Kini kita bisa melakukan kegiatan menulis di dunia maya dengan media blog. Dengan menulis di blog tulisan yang telah kita buat bisa dibaca oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun berada. Menulis di blog telah saya lakukan sejak tahun 2005/2006. Awalnya saya saya hanya mengcopy paste tulisan/artikel dari sumber lain lalu memasangnya di blog saya (sungguh kurang kreatif ya). Tentunya saya turut mencantumkan sumber tulisan tersebut berasal dengan menuliskan URLnya.

Lambat laun timbul keinginan ingin menulis sendiri, dengan bekal ilmu yang diperoleh di bangku kuliah maka saya posting beberapa materi kuliah dan alhamdulillah memperoleh sambutan yang hangat dari teman-teman blogger yang lain. Teman-teman di dunia maya pun menjadi bertambah, bahkan beberapa sudah bertemu di dunia nyata melalui kegiatan kopi darat yang diadakan oleh blogger.

Saya ingin sekali berbagi pengetahuan di bidang pertanian baik itu petani, pelajar, maupun mahasiwa. Seiring dengan kemajuan teknologi petani masa depan membutuhkan blog-blog yang membahas ilmu pertanian sehingga diharapkan hadirnya blog ini bisa menjadi solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh petani. Jadi kalau petani punya masalah di lahan atau di ladang tinggal klik blog saya dan cari apa masalahnya. Mulai dari klimatologi setempat, konsentrasi pupuk yang tepat hingga penanganan hama dan penyakit tanaman.

Setelah diberikan amanah menjadi seorang ayah melalui kelahiran putra kami yang pertama, turut melatarbelakangi lahirnya blog ini (Catatanabifaiz.wordpress.com). Di blog ini saya curahkan isi hati dan ekspresi saya sebagai seorang ayah. Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan, cerita-cerita yang hendak dan sudah kami sampaikan kepada buah hati sebagai pengantar tidur, ataupun pengalaman hidup yang rasanya ingin dishare dengan semua ayah di luar sana. Indonesia adalah salah satu negara dengan mulai hilangnya sosok ayah di lingkungan keluarga, akibat kesibukan para ayah di kantor pulang pagi datang malam..oleh karena itu para ayah harus tetap mencari ilmu untuk meneguhkan sosok ayah di dalam keluarga.

Slide1

Dua blog yang menemani saya untuk berbagi di dunia maya

Fasilitas yang saya gunakan sebagai seorang blogger tentunya laptop dan wifi gratis, karena selama ini aktifitas saya lebih banyak di kampus (sambil menyelam minum air, hehe). Jadi memposting tulisan blog saya lakukan di kampus, karena hampir tak ada singnal internet di rumah kami. Walaupun demikian tidak menghalangi keinginan saya untuk terus berbagi. Biasanya saya menulis ide awal di atas secarik kertas melalui coretan-coretan kecil, kemudian dikembangkan dengan menulis dalam format microsoft word. Untuk gambar saya bisa searching di google/mengambil gambar sendiri dengan kamera digital lalu mengeditnya menggunakan software Picasa 3. Untuk editing gambar Picasa 3 cukup mumpuni dalam mengolah gambar dan foto. Setelah tulisan saya selesai kemudian di publish di kampus saat terkoneksi dengan internet. Jadi kalau internet kampus sedang sekarat—baca tak terkoneksi dengan baik——saya pun harus siap-siap mencari sumber wifi di tempat lain. Jadi kalau kata Emak Gaoel,Hari gini gak kesentuh aplikasi smartphone? Ummm, gak yakin. ;)” inilah buktinya bloger tanpa sentuhan smartphone bisa berkibar juga hehe.

Blog saya

Kegiatan menulis blog diawali dengan coretan kecil hingga akhirnya dipublish di dunia maya. Sumber gambar : Wikipedia.com

Dalam menulis blog saya juga belajar dari blogger lain. Tentang ketulusan, kerja keras, dan kemampuan menulis serius namun bisa dikemas dengan sangat santai banyak saya pelajari lewat blog milik Pak Dahlan Iskan (catatandahlaniskan). Pembuatan cerpen dan cerita dengan pemilihan kata-kata dan alur cerita yang menggugah pembaca saya peroleh dari Mas Jampang (Jejak-jejak yang terserak), kalau nulis tentang keuangan,  life style hingga ulasan film dan novel banyak belajar dari Mas Dani (danirachmat), sedangkan yang terakhir gurunya dalam memberikan informasi seputar dunia pertanian dan lingkungan hidup ya Mba Ervina (Ervina Budiastuti) jagonya. Dan sekarang bertambah lagi nih blog yang patut kita belajar dengannya, siapa lagi kalau Emak Gaoel. Maaf ya sepertinya saya akan sering berkunjung ke bognya mba Winda Krisnadefa.. hehe

Slide3

Ternyata dengan menulis blog juga jalan bagi meraih sesuatu yang lain yakni “materi”. Walaupun bukan tujuan utama namun cukup memberikan semangat buat nulis blog. Mudah-mudahan dapat juara di lomba yang diadakan oleh Emak Gaoel dengan tema Go for it with Blog Emak Gaoel dengan hadiah Samrtphone Andromax 4G LTE (Amiin ya robbal ‘alamin).

go for it 1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s