Piknik bersama keluarga itu penting

“Bekerja itu penting, tetapi kesantaian lebih berharga. Beristirahat bukan berarti segalanya berhenti, tidak mengerjakan apapun. Beristirahat itu adalah berhenti sejenak, istirahat sebentar untuk menenangkan diri, dengan demikian baru bisa menata kembali pikiran dan tindakan diri sendiri, baru melanjutkan perjalanan” (Anonim).

Itulah alasan mengapa pekan ini saya mengambil cuti bersama keluarga. Setelah disibukan dengan aktivitas pekerjaan dan penelitian dengan targetnya yang super ketat dan padat, saatnya mengambil liburan bersama keluarga alias “piknik”. Setelah melalui proses diskusi dengan anggota keluarga yang lain akhirnya dipustuskanlah secara aklamasi bahwa keluarga kami pergi ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta. Untuk menjangkau lokasi, saya lebih memilih menggunakan KRL Bogor-Pasar Minggu kemudian naik angkot 15a dan sampailah di pintu gerbang TMR. Tiket masuk untuk dewasa sekitar Rp. 4.000/orang, dan anak-anak Rp. 3.000/orang (Alhamdulillah murah meriah ).

KRR1

Rute menuju Taman Margasatwa Ragunan dari Stasiun Pasar Minggu.

Kesan yang saya rasakan ketika masuk Taman Margasatwa Ragunan Jakarta adalah “serasa bukan di Jakarta”. Bisa dibayangkan sebuah taman seluas 147 hektar dan berpenghuni lebih dari 2.000 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon di Jakarta sehingga membuat suasana lingkungannya sejuk dan nyaman, membuat kepala yang berat menjadi segar. Inilah pentingnya piknik, meyegarkan suasana baik hati dan pikiran. Berkunjung ke TMR rasanya seperti memasuki sebuah hutan tropis dataran rendah mini dengan tingkat keanekaragaman hayati tinggi.

Slide1

Berbagai satwa yang bisa kita nikmati di TMR seperi gajah, harimau, beruang madu dan unta.

Saat jam makan siang datang kami pun menggelar tikar dan makan siang dengan makanan yang telah kami persiapkan sebelumnya. Hemat dan Sehat adalah alasan kami mempersiapkan bekal makanan dari rumah. Saat istri saya menyiapkan hidangan makanan saya pun bermain bola. Kesukaannya memang bermain bola, dimanapun kami berada ketika bertemu bola pasti anak saya memintanya dan mengajak untuk bermain bola. Dengan piknik kita membangun hubungan yang erat sesama anggota keluarga, baik antara suami dengan istri maupun antara ayah dengan anak. Jangan sampai kesibukan kita menghalangi komunikasi kita dengan keluarga kita.

Slide4

Anak saya sangat menyukai kegiatan sepak bola.

Saya berkesempatan mengunjungi Pusat Primata Schmutzer yang menjadi salah satu Pusat Primata terbaik di dunia. Di dalamnya terdapat banyak sekali jenis primata baik primata endemik Indonesia maupun introduksi dari luar. Tiket masuknya sekitar Rp. 6.500 saat hari kerja dan Rp. 7.500 saat hari libur dan akhir pekan. Memasuki area pusat Primata Schmutzer kita akan melihat sebuah enklosur yang tertata secara menarik dan artistik. Koleksi satwa yang menjadi andalan adalah dari jenis primata dengan icon orangutan dan gorilla. Pintu gerbangnya berbentuk setengah lingkaran menyerupai kubah raksasa dengan tangga menuju ke jembatan yang merupakan salah satu cara melihat gorilla dataran rendah dari atas jembatan tersebut.

Selanjutnya apabila pengunjung ingin melihat orangutan akan dapat melihatnya melalui terowongan orangutan ( orangutan tunnel ) di dalam terowongan. Dari atas jembatan anda dapat mengamati gorilla. Yang merupakan salah satu jenis kera terbesar di dunia. Berat tubuhnya mencapai lebih dari 100 kg. Pada jam 12 siang pengunjung dapat menyaksikan petugas memberikan makanan (feeding time) gorilla. Atraksi ini sangat menarik dan karena pengunjunga bisa melihat secara langsung bagaimana gorilla yang pemalu ini makan.

Slide3

Inilah fasilitas yang bisa kita peroleh de TMR. Disediakan pula air minum langsung gratis bagi pengunjung yang merasa kehausan.

Selanjutnya apabila pengunjung ingin melihat orangutan akan dapat melihatnya melalui terowongan orangutan (orangutan tunnel) di dalam terowongan.  Sebenarnya ada fasilitas pendidikan yaitu ruang teater pemutaran film dokumenter namun saat kami berkunjung pemutaran film yang telah dijadwalkan  ditunda hingga satu jam kemudian. Kegiatan piknik ini bukan hanya melihat dan berjalan di TMR namun lebih jauh dari itu. Subhanallah merasa takjub dengan apa yang telah Allah SWT ciptakan untuk kita, beraneka ragam hewan di bumi ini. Yang terlihat maupun tak terlihat mata. Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang mendustakan nikmatNya dengan menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang telah dianugerahkanNya kepada kita.

Slide2

Beraneka ragam jenis primata ada di Pusat Primata Schmutzer mulai dari yang imut dan lucu hingga berwajah menyeramkan.

Alhamdulillah setelah piknik pikiran jadi enteng, hilanglah kepenatan yang selama ini menerjang dan siap untuk mengikuti aktivitas selanjutnya yang lebih padat dan ekstra menguras tenaga (penelitian). Piknik itu penting juga ya :)

10603609_664097090366523_3863062256470286330_n

Setelah Piknik, mari kerja..kerja..kerja..

Kemana target piknik selanjutnya ? Apakah tempat piknik di Bogor menjadi salah satu destinasi yang cocok ? tentu saja !! Di Bogor ada banyak sekali tempat yang menarik untuk dikunjungi seperti Kebun Raya dan Istana Bogor, Warso Farm, The Jungle Water Adventure, Taman Bunga Matahari, Taman Safari Cisarua dan banyak yang lainnya. Tentunya tak cukup hanya sehari.

Bagi yang mau berlama-lama di Bogor teman-teman jangan khawatir. Di bogor banyak sekali tempat penginapan/ hotel yang nyaman dan berkelas salah satunya adalah Pajajaran Suites, Resort and Convention Hotel yang beralamat di Jl. Pajajaran No 17  Bogor atau bisa mengunjungi websitenya di link http://padjadjaranhotels.com/corporate/. Tempat penginapan yang mengusung konsep tradisional, mengangkat budaya lokal dan design arsitektur yang minimalis mampu menghadirkan kenyamanan saat kita piknik.

KRR10

Yuk piknik..karena piknik itu penting :)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba “Piknik Itu Penting” yang diselenggaranakan oleh www.murtiyarini.staff.ipb.ac.id.

Kontes Blog Piknik itu Penting Berhadiah Menarik

Advertisements

2 responses to “Piknik bersama keluarga itu penting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s