Mari belajar dari Po (Kungfu Panda 1)

2011_kung_fu_panda_2-1280x720

Apakah teman-teman sudah menonton film animasi Kungfu Panda? Film yang dirilis oleh DreamWorks animation ini mulai tayang perdana di tahun 2008 dengan menggabungkan antara animasi, komedi, kungfu-action secara bersamaan. Sangat asyik untuk ditonton oleh berbagai kalangan baik usia dewasa, remaja, maupun anak-anak. Film ini mengisahkan seekor panda gemuk yang sangat ingin belajar beladiri bernama Po (Jack Black). Ia begitu terobsesi dengan seni bela diri kungfu dan sangat mengidolakan lima pendekar (Furious five), murid dari Master Shi Fu (Dustin Hoffman) yaitu Tigress (Angelina Jolie), Crane (David Cross), Mantis (Seth Rogen), Viper (Lucy Liu) dan Monkey (Jackie Chan).

FuriousFive

Forious Five, Idola Po, sedang melakukan atraksi bela diri dalam pemilihan Kesatria Naga

Cerita bermula ketika Master Oogway mendapat firasat akan munculnya bencana kejahatan besar yang dilakukan oleh Tai Lung (Ian McShane). Ia adalah penjahat kejam yang keluar dari tahanan dan berencana menyerang desa. Untuk menghadapi Tai Lung dipilihlah kesatria naga yang bertugas menjaga desa dari serangan Tai Lung. Secara tidak sengaja Po yang sedang menonton pemilihan Kesatria Naga dipilih menjadi Kesatria Naga oleh Master Oogway. Masalah mulai timbul ketika Po yang tidak memiliki kemampuan kungfu harus dibina dan dilatih oleh Master Shi Fu.

Tai-Lung-snarl

Tai Lung tokoh antagonis dalam film kungfu panda 1

Master Sifu berusaha membuat Po pergi meninggalkan kuil, mulai dari pengusiran secara halus, maupun memberikan porsi latihan yang cukup berat kepada Po supaya enggan berlatih kungfu. Ternyata upaya Master Sifu memulangkan Po ke rumahnya tidak pernah berhasil, Po bangkit karena diberikan motivasi yang kuat oleh Master Oogway. Di akhir cerita dengan latihan yang cukup keras dan tekun akhirnya Po mampu mengusasi ilmu kungfu yang diajarkan oleh Master Sifu dan berhasil mengalahkan Tai Lung.

Sebagai seorang penggemar film kungfu sekaligus animasi saya termasuk orang yang sangat berkesan setelah menonton film ini. Bukan hanya alur cerita, penokohan dan latar/scene yang mantap, ada banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil sebagai hikmah dalam menjalani kehidupan sehari-hari :

Setiap kita dilahirkan sebagai orang yang spesial. 

Kitab Naga dipercaya memiliki rahasia meningkatkan kesaktian bagi pendekar yang bisa mendapatkanya. Namun Po hampir putus asa karena tidak mampu memecahkan rahasia Kitab Naga, yang hanya berupa lembaran kosong. Pada akhirnya wejangan dari ayahnya-lah yang akhirnya membuka rahasia Kitab Naga. Kitab Naga yang kosong memantulkan wajah orang yang membukanya. Itulah rahasiamya : diri kita adalah spesial. Dengan memandang bahwa diri kita spesial maka kepercayaan diri kita akan meningkat. Kepercayaan diri adalah kunci dari kemampuan diri. hal itu yang membuatnya kembali bersemangat dan memiliki pandangan positif. Kalau kita berpikir diri kita adalah spesial, unik, berharga kita pun akan punya daya dorong untuk melakukan hal-hal yang spesial. Kita akan bisa, kalau kita berpikir kita bisa. Seperti kata Master Oogway, You just need to believe. Jadi jangan minder ya :)

PoScroll1

Rahasia dari Kitab Naga “setiap diri kita adalah spesial”

Beranilah  bercita-cita setinggi bintang di angkasa,

Po, seekor panda gemuk, hobi makan, susah bergerak dengan lincah dan memiliki kemampuan olah fisik yang kurang saja tetap teguh bercita-cita menjadi pendekar kungfu. Walaupun ayahnya yang sadar akan keterbatasan Po mendesaknya untuk menjadi kedai mie warisan keluarga, namun Po tetap teguh pendirian terhadap cita-citanya menjadi pendekar kungfu, tak terpengaruh oleh berbagai fikiran negatif lingkungan sekitar. Karena keteguhan hatinya akhirnya Po berhasil menjadi Kesatria Naga yang mampu melindungi warga desa dari ancaman Tai Lung.

Jangan sia-siakan kesempatan yang datang !!!

Awalnya Po berniat untuk meninggalkan perguruan tempatnya berlatih kungfu karena desakan dan paksaan  dari Master Sifu . Namun niatnya urung saat bertemu dengan Master Oogway yang meyakinkan Poo bahwa apa yang diraihnya hari ini adalah hadiah, apapun yang terjadi di masa lalu adalah sejarah dan masa depan adalah misteri, kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Dengan menolak kesempatan yang diberikan berarti telah menolak hadiah yang diberikan, yang tidak setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkannya. Jadi kita tidak perlu takut mengambil peluang yang datang, selagi kita berusaha dan tetap gigih dengan apa yang kita cita-citakan insyallah diberikan jalan oleh ALLAH SWT.

” yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift. That is why it is called the present”

maxresdefault (1)

Master Oogway memberikan nasihat kepada Po saat Po kehilangan kepercayaan dirinya.

Setiap anak adalah juara, ia memiliki potensi yang cukup besar

Awalnya Master Shi Fu memandang sebelah mata terhadap Po. Ia melihat Po kurang berbakat untuk belajar kungfu. Kalaupun bisa, Po tidak mungkin dilatih menjadi Kesatria Naga yang kuat dalam waktu singkat, padahal ancaman yang ditebarkan oleh Tai Lung tidak main-main dan dalam waktu yang tidak akan lama lagi. Namun akhirnya kondisi ini berbalik seratus delapan puluh derajat, setelah Master Shi Fu mengetahui bakat terpendam yang dimiliki Po, yakni ketertarikan terhadap makanan dan nafsu makan yang besar. Po akan melakukan apapun ketika perutnya sudah lapar termasuk mengambil kue di tempat yang tinggi dan mustahil untuk dijangkau. Metode inilah yang digunakan oleh Master Shi fu dalam melatih Po dan akhirnya berhasil.

Hal ini memberikan suatu pelajaran bagi kita baik sebagai orang tua maupun seorang guru hendaknya lebih bersabar dalam mendidik anak kita.  Terkadang kita terlalu cepat memberikan label negatif terhadap anak padahal boleh jadi anak didik kita memiliki bakat yang terpendam, dan kita belum memiliki metode yang pas untuk menggali bakat tersebut.

PoShifuTraining

Dengan menggunakan metode “makanan” Master Shi fu berhasil melatih Po

Keluarga sangat penting dan berharga

Harta yang paling berharga adalah keluarga, mutiara tiada tara adalah keluarga (Lirik Keluarga Cemara). Di saat detik-detik kedatangan Tai Lung seluruh warga desa  mengungsi. Po yang turut menjaga warga desa dalam pengungsian bertemu dengan ayahnya, yang sempat Po tinggalkan saat akan berlatih kungfu bersama Master Shi Fu. Ayahnya menyambut dengan hangat Po bahkan berkat ayahnya pula Po dapat memecahkan rahasia Kitab Naga. Begitulah keluarga. Ia Keluarga akan menerima kita kembali, bahkan tatkala kiita telah meninggalkannya. Tak peduli seberapa besar keslahan kita, keluarga selalu ada dengan beribu pemberian maaf. Sudahkah kita menempatkan keluarga sebagai priorotas utama dalam kehidupan ?

Postingan ini diikutsertakan dalam Evrinasp Second Giveaway: What Movie are You?

x4_____slide-giveaway1

Advertisements

5 responses to “Mari belajar dari Po (Kungfu Panda 1)

  1. Pingback: Pengumuman Pemenang My 2nd Giveaway What Movie Are You? | Evrina Budiastuti·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s