Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim

Membaca buku Salim A. Fillah kita diajak menanggalkan baju kotor penuh noda, kusam tanpa warna, dan bau yang tak sedap. Kita diajak untuk menggantinya dengan pakaian terbaik, bersih wangi dan indah dengan cara terbaik. Kita diajak memintalnya di awal sehingga menjadi benang-benang yang siap kita tenun menjadi kain yang berpola. Bersih, wangi dan kuat. Disisipkannya hiasan permata nan indah menjadi sebuah kesempurnaan. Itulah pakaian baru kita, “Islam”.

saksikan-bahwa-aku-seorang-muslim-300x300

Judul buku                : Saksikan bahwa aku seorang muslim

Pengarang                : Salim A. Fillah

Penerbit                     : Pro-U Media

Tahun terbit              : 2007

Tempat terbit             : Yogyakarta

Tebal buku                : 436 hlm.

Buku yang berjudul Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim ini merupakan salah satu buku best seller karya Salim A. Fillah. Buku ini ditulis dalam bahasa yang sangat indah dan menyentuh hati. Sangat baik dijadikan perenungan bagi kita khususnya seorang muslim, apakah proses keislaman kita telah sampai pada tahap sempurna atau masih dalam proses menuju ke sana. Dihias dengan riwayat sejarah, mengajak kita bertualang memetik hikmah dari kisah-kisah tauladan. Al-qur’an dan hadist yang digunakan cukup relevan dengan topik yang dibahas. Membuat saya dan anda mungkin, tak akan merasa lelah walau harus menghabiskan 436 halaman dalam beberapa hari.

Buku ini terdiri dari 6 bagian, yaitu pertama “Kain-kain Rombeng” yang diawali dengan kisah Abu Jahal dengan kejahiliahannya dilanjutkan oleh kisah Firaun. Dari bagian ini kita bisa menyaksikan kondisi peradaban sebelum datangnya Islam di dunia. Dikisahkan pula bagaimana sejarah aliran menyimpang di dalam islam bisa berkembang dan siapa yang mengembangkannya.

Bagian kedua “Memintal sebuah benang”, pada Bab ini dikisahkan bagaimana dan mengapa seseorang menjadi seorang muslim. Bagaikan sesuatu yang bercampur, identitas seorang muslim memurnikan seorang manusia. Membedakannya dengan seorang kafir dan memisahkannya dengan kebatilan. Bagian ketiga adalah ‘Menggelas Benang Lelayang”, pada bagian ini identitas kemusliman seseorang dipertanjan dengan penghambaan kepada Allah SWT melalui ibadah. Keutamaan shalat sebagai istirahatnya seorang muslim, puasa ramadhan sebagai bagian dari penahan hawa nafsu, zakat sebagai simbol kesetiakawanan sosial hingga ibadah tawaf yang dilakukan saat ibadah haji dan umrah.

Bagian ke empat adalah menenun jalinan cinta, yakni bagaimana islam mengatur hubungan sesama manusia, dan manusia itu sendiri dengan tuhannya. Hubungan dengan sesama manusia diawali dengan pembahasan keutamaan menikah, apa yang harus dipersiapkan dan bagaimana mengisi setelah pernikahan itu terjadi.Bahkan lahirnya generasi muslim setelah pernikahan dibahas pula dengan apik, sehingga saya rekomendasikan bagi teman-teman yang ingin bahkan sudah menikah membaca bagian ini untuk mengatur ulang visi dan misi rumah tangga kita.

Bagian ke lima adalah menjahit pola-pola,membahas bagaimana interaksi antar sesama muslim itu dibangun. Hak dan kewajiban dimulai dari kehidupan bertetangga, hingga kemudian bermasyarakat. Seorang uslim dengan muslim yang lain ibarat satu tubuh apabila yang satu sakit maka bagian tubuh yang lain akan merasakan kesakitan yang sama.

Bagian terakhir “menata busana bertiara”, menjelaskan bagaimana kesalehan yang telah dibentuk dan berakar dari keimanan individu diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Diakhiri dengan sebuah kalimat “ Masa kenabian itu mempersiapkan khilafah selama 22 tahun. Maka tanpa kenabian berapa lama waktu yang kita perlukan untuk mempersiapkan khilafah yang semisalnya”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s