Ragunan Menyenangkan

“Bekerja itu penting, tetapi kesantaian lebih berharga. Beristirahat bukan berarti segalanya berhenti, tidak mengerjakan apapun. Beristirahat itu adalah berhenti sejenak, istirahat sebentar untuk menenangkan diri, dengan demikian baru bisa menata kembali pikiran dan tindakan diri sendiri, baru melanjutkan perjalanan”

Itulah alasan mengapa pekan ini saya mengambil cuti bersama keluarga. Setelah disibukan dengan aktivitas pekerjaan dan penelitian dengan targetnya yang super ketat dan padat, saatnya mengambil liburan bersama keluarga. Setelah melalui proses diskusi dengan anggota keluarga yang lain akhirnya dipustuskanlah secara aklamasi bahwa keluarga kami pergi ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta. Untuk menjangkau lokasi, saya yang berdomisili di kota Bogor menggunakan KRL Bogor-Pasar Minggu kemudian naik angkot 15a dan sampailah di pintu gerbang TMR. Tiket masuk untuk dewasa sekitar Rp. 4.000/orang, dan anak-anak Rp. 3.000/orang.

IMG_3863

Rasanya bukan di Jakarta

Kesan yang saya rasakan ketika masuk Taman Margasatwa Ragunan Jakarta adalah “serasa bukan di Jakarta”. Bisa dibayangkan sebuah taman seluas 147 hektar dan berpenghuni lebih dari 2.000 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon di Jakarta sehingga membuat suasana lingkungannya sejuk dan nyaman. Berkunjung ke TMR rasanya seperti memasuki sebuah hutan tropis dataran rendah mini dengan tingkat keanekaragaman hayati tinggi.

Saat jam makan siang datang kami pun menggelar tikar dan makan siang dengan makanan yang telah kami persiapkan sebelumnya. Hemat dan Sehat adalah alasan kami mempersiapkan bekal makanan dari rumah. Saat istri saya menyiapkan hidangan makanan saya pun bermain bola. Kesukaannya memang bermain bola, dimanapun kami berada ketika bertemu bola pasti anak saya memintanya dan mengajak untuk bermain bola.

Saya berkesempatan mengunjungi Pusat Primata Schmutzer yang menjadi salah satu Pusat Primata terbaik di dunia. Di dalamnya terdapat banyak sekali jenis primata baik primata endemik Indonesia maupun introduksi dari luar. Tiket masuknya sekitar Rp. 6.500 saat hari kerja dan Rp. 7.500 saat hari libur dan akhir pekan.

Memasuki area pusat Primata Schmutzer kita akan melihat sebuah enklosur yang tertata secara menarik dan artistik. Koleksi satwa yang menjadi andalan adalah dari jenis primata dengan icon orangutan dan gorilla. Pintu gerbangnya berbentuk setengah lingkaran menyerupai kubah raksasa dengan tangga menuju ke jembatan yang merupakan salah satu cara melihat gorilla dataran rendah dari atas jembatan tersebut.

Selanjutnya apabila pengunjung ingin melihat orangutan akan dapat melihatnya melalui terowongan orangutan ( orangutan tunnel ) di dalam terowongan. Dari atas jembatan anda dapat mengamati gorilla. Yang merupakan salah satu jenis kera terbesar di dunia. Berat tubuhnya mencapai lebih dari 100 kg. Pada jam 12 siang pengunjung dapat menyaksikan petugas memberikan makanan (feeding time) gorilla. Atraksi ini sangat menarik dan karena pengunjunga bisa melihat secara langsung bagaimana gorilla yang pemalu ini makan.

Selanjutnya apabila pengunjung ingin melihat orangutan akan dapat melihatnya melalui terowongan orangutan ( orangutan tunnel) di dalam terowongan.  Sebenarnya ada fasilitas pendidikan yaitu ruang teater pemutaran film dokumenter namun saat kami berkunjung pemutaran film yang telah dijadwalkan  ditunda hingga satu jam kemudian.

IMG_3852

Gajah yang berjalan mundur

IMG_3725

Harimau sumatera

IMG_3719

Saat siang hari harimau pun beristirahat

IMG_3844

Gajah ini mencoba menyapa pengunjung

IMG_3696

Onta pundak satu

IMG_3710

Petugas sedang memberi makan buaya

IMG_3693

Berfoto di depan kandang onta

IMG_3763

Beruang ini sedang mencari ikan

IMG_3806 IMG_3805 IMG_3793 IMG_3792

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s