Menjadi ayah Juara

Ada sebuah pribahasa terkenal yang saya kutip dalam bahasa Inggris ” anyone can be father, but it takes a real man to be a daddy: Tidak mudah untuk mendefinisikan father dan daddy dalam bahasa Indonesia. Daddy adalah panggilan akrab seorang anak kepada ayahnya, melambangkan kemesraan, keakraban antara seorang ayah dengan anaknya. Father adalah status resmi seseorang yang telah memiliki anak.

Untuk menjadi seorang father maka setiap laki-laki akan sangat mudah melakukannya secara alami. Namun untuk menjadi seorang daddy tidak semua laki-laki mampu. Ketika anaknya lahir seorang laki-laki telah menjadi seorang father, namun belum tentu menjadi daddy bagi anak-anaknya. Berarti daddy dan anak adalah sebuah ikatan, tepatnya ikatan emosi.

Ketika seorang anak lahir dari rahim istrinya seorang laki-laki secara alamiah setidaknya akan bertanya beberapa pertanyaan pada dirinya sendiri (termasuk saya), yang salah satunya adalah bagaimana untuk menjadi seorang ayah terbaik bagi anak-anaknya kelak, sanggupkah aku menjadi seorang ayah yang baik?

Pertanyaan itu sampai dengan detik ini terus terngiang-ngiang di kepala saya atau mungkin anda, namun  sampai akhirnya saya teringat salah satu riwayat dalam Al Qur’an surat Luqman 13 yang sangat menginspirasi peran awal seorang ayah, yang Allah SWT abadikan di dalam Al-Qur’an :

Dan (ingatlah) ketika lukman berkata kepada anaknya “Hai anakku janganlah kamu mempersekutukan Allah sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kedzaliman yang besar.

Akhirnya saya menemukan jawaban awal pertanyaan saya di atas tadi, hal pertama yang harus kita lakukan sebagai seorang ayah untuk menjadi daddy untuk anak-anak kita adalah menanamkan dasar-dasar keimanan, mengesakan Allah, tanpa menyekutukanNya. Bukankah seorang bayi yang dilahirkan ke dunia ini adalah suci (fitrah) kemudian kedua orang tuanya yang akan membuatnya menjadi yahuni, Nasrani ataupun Majusi?

Wallahu’alam

Advertisements

2 responses to “Menjadi ayah Juara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s