Bogor Islamic Book Fair 2014

Ada gula, ada semut. Ada buku disitu pun ada ilmu. Itulah motivasi awal saya ketika berkunjung ke acara Bogor Islamic Book Fair di Masjid Raya Bogor. Acara yang telah sukses diselenggarakan hingga tahun ke tujuh ini dapat dikunjungi mulai dari tanggal 24 September hingga 3 oktober 2014. Letaknya pun strategis, di antara PPIB bogor dan Masjid Raya Jl. Raya Pajajaran dekat terminal Baranangsiang.

Saya sengaja mengajak keluarga untuk ikut menikmati acara plus belanja buku. Walaupun acaranya tidak sebesar Islamic Book Fair Jakarta, namun antusiasme masyarakat Bogor sangat tinggi. Bila kita perhatikan terdapat sebanyak 37 stand yang berdiri, isinya pun macam-macam mulai dari stand buku, kitab, VCD/DVD islami, obat herbal/madu, dan pakaian muslim. Bahkan bila anda lelah dan ingin beristirahat sambil makan bisa mampir di stand makanan, ada bakso atom dan somay.  Potongan harga  berbagai macam produk di atas pun bervariasi mulai dari 10% hingga 75%, bahkan untuk buku-buku dengan judul tertentu tersedia harga mulai dari 10 ribuan.

IMG_2606

Pengunjung dimanjakan dengan diskon yang cukup besar, bahkan mencapai 75%

Sembari melihat-lihat buku pengunjung pun bisa mendengarkan ceramah atau diskusi seputar keislaman. Panitia telah menyediakan tempat khusus untuk kegiatan seminar/talkshow, bedah buku, atau pelatihan mulai dari materi keislaman, islamic finance, motivasi, fotosineografi, hingga kesehatan. Kebetulan pada hari itu sedang ada silaturahmi akbar komunitas ODOJ (One Day One Juz) se-Bogor Raya.

IMG_2654

Silaturahmi akbar komunitas ODOJ (One Day One Juz) se-Bogor Raya.

IMG_2631

Antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan baik seminar maupun talkshow cukup tinggi. Ditandai dengan banyaknya masyarakat yang ikut serta dan berpartisipasi.

Kalau berkunjung ke pameran buku, sebaiknya kita harus mempersiapkan trik dan strategi yang baik agar buku yang benar-benar inginkan dan butuhkan bisa terbeli tentunya dengan budget yang telah kita siapkan. Caranya adalah, pertama saya akan berkeliling ke semua stand terlebih dahulu. Di sana saya memilih buku-buku yang menarik untuk saya baca, kemudian saya tandai setiap buku yang akan menjadi calon buku yang akan dibeli. Dengan metode sampling yaitu dengan melihat bagian tertentu dari buku tersebut misalnya prakata, catatan kaki maupun ringkasan per bab, kita bisa mengetahui isi buku tanpa harus menmaca seluruhnya. Terkadang buku yang menarik untuk dibaca pada akhirnya tak jadi untuk dibeli karena saya sudah mengetahui apa yang akan disampaikan oleh penulis.

IMG_2637

Yang lelah dan lapar bisa mampir ke stand makanan.

Akhirnya pilihan jatuh pada buku dengan judul lapis-lapis keberkahan karya Salim A. Fillah. Selamat berkunjung ke Bogor Islamic Book Fair.

Advertisements

3 responses to “Bogor Islamic Book Fair 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s