Topeng Monyet Nasibmu Kini

Sejak tahun 2014, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan Jakarta bebas topeng monyet. Razia topeng monyet telah dilakukan di beberapa tempat diwilayah Jakarta. Monyet yang berhasil dirazia nantinya akan divaksin dan diperiksa kesehatannya dan dikirim ke Taman Margasatwa Ragunan. Karena tindakan tegas pemprov DKI Jakarta menyebabkan eksodus besar-besaran pelaku pertunjukan topeng monyet menyebar keluar dari Jakarta, khususnya wilayah sekitar.

Pelarangan topeng monyet memang akan membuat beberapa pihak kehilangan mata pencaharian. Namun, topeng monyet memang harus dilarang. Bila melihat aturan hukum dan perundang-undangan kita dapat melihat pelarangan topeng monyet ini dasar hukumnya jelas yaitu Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) No 302 yang mengatur tentang tindakan penyiksaan hewan. Selain itu, ada pula Undang-Undang Nomor 18 Tahun 200 9 tentang Peternakan dan Kesehatan Pasal 66 Ayat 2g. Dasar hukum lain adalah Peraturan Kementan Nomor 95 Tahun 2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan Pasal 83 Ayat 2, Perda No. 11 Tahun 1995 tentang Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies Pasal 6 Ayat 1 dan Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum Pasal 17 Ayat 2.

IMG_0356

Bila dilihat dari aspek etika, bila kita cermati  banyak sekali pekerja topeng monyet yang masih tergolong anak-anak. Mereka  masih dalam usia-usia produktif dan seharusnya menikmati bangku sekolah dan meraih cita-cita mereka. Erat kaitanya dengan etika topeng monyet ini erat hubungannya dengan bentuk eksploitasi terhadap hewan yang erat kaitanya dengan kesejahteraan satwa. Kesejahteraan satwa dapat meliputi hak untuk hidup bebas, hak bebas dari penyakit, dan sebagainya. Monyet yang dijadikan obyek atraksi topeng monyet kehilangan kesejahteraannya Bayangkan saja monyet ditempatkan dalam kandang yang sangat kecil kurang lebih berukuran 30x40x40 cm dengan kandang sekecil itu monyet rawan mengalami stress sehingga rentan terserang penyakit. Saya berharap provinsi lain mengikuti kebijakan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s