Percakapan di akhir tahun

Di setiap akhir tahun planet ini meraayakan dua perayaan besar yaitu Hari Natal tanggal 25 Desember bagi umat Kristiani dan Tahun Baru 1 Januari.  Hampir seluruh umat manusia merayakannya,termasuk umat Kristiani, bahkan Indonesia yang kebetulan mengadopsi penanggalan gregorian pun tak luput dari hingar bingar, mulai dari acara televisi hingga keramaian di pusat-pusat perbelanjaan.

Dan setiap akhir tahun ini kolega saya selalu bertanya, mengapa kamu tidak mengucapkan selamat natal kepada kaum kristiani, padahal setiap Iedul fitri mereka selalu mengucapkan selamat kepada kaum muslimin. Saya terangkan kepadanya alasan mengapa saya tidak mengucapkan selamat kepada umat kristiani (sebenarnya informasi itu bisa kita peroleh dari mana pun, mulai dari ulama sampai dengan dunia maya (internet=mr google.com). Akhirnya beliau mengerti dengan apa yang saya jelaskan perihal di atas yang saya ilustrasikan dalam percakapan di bawah ini :

Muslim           : ‘Bagaimana Natalmu?’

Kristiani         : ‘Baik. Kau tidak mengucapkan selamat Natal padaku?’

Muslim           : ‘Tidak. Agama kami menghargai toleransi antar agama, termasuk agamamu, tapi masalah ini, agama saya melarangnya.’

Kristiani         : ‘Tapi kenapa, bukankah hanya sekadar kata-kata? Teman-teman  muslimku yang lain, mengucapkannya padaku…’

Muslim           : ‘Mungkin mereka belum mengetahuinya, kau bisa mengucapkan dua kalimat syahadat?’

Kristiani         : ‘Oh tidak, saya tidak bisa mengucapkannya. Itu akan mengganggu kepercayaan saya…
’

Muslim           : ‘Kenapa? Bukankah hanya kata-kata? Ayo, ucapkanlah.’

Kristiani         : ‘Sekarang, saya mengerti.’

Bukanlah sikap intoleran apabila kita sebagai umat Islam tidak mengucapkan selamat natal di akhir tahun ini. Apakah teman-teman muslim belum mengetahui secara rinci alasan mengapa kita tidak diperbolehkan mengucapkan selamat saat perayaan natal ? Carilah informasinya melalui kiyai atau ulama setempat, jika teman-temanmemiliki fasilitas yang lebih cobalah beowsing di intenet, akan banyak informasi yang bisa kita peroleh. Jadilah muslim yang cerdas..

Wallahualam Bishawab

Salam SuksesBelajar

Leave a Reply

