Religion is private, isn't it ?

Bagi para pemeluk agama apapun di dunia ini, agama adalah sumber inspirasi dimana ajarannya merupakan sumber lahirnya nilai-nilai tertentu yang akan berperan dalam setiap kehidupan manusia. Artinya agama bukan hanya masalah aku, tapi mencakup pada kamu, mereka dan kita. Artinya agama mencakup seluruh kehidupan manusia kapan dan dimanapun ia berada. Namun sejalan dengan perkembangan era globalisasi terjadi distorsi nilai-nilai keagamaan. Agama pelan-pelan dipisahkan dari peranannya terhadap kamu, mereka dan kita, agama dibatasi pada perannya terhadap aku. Faham-faham yang berkembang di masyarakat akhir-akhir ini menyebabkan agama tidak lagi memiliki ruang dalam kapasitas publik.

Agama (termasuk islam) menghadirkan sesuatu yang nyata dalam kehidupan masyarakat, seperti jilbab, sarung kopiah, maulid nabi. Sesuatu yang kongkrit dalam agama adalah kultur yang dibangun. Lalu bagaimana agama bisa pergi dari ruang publik kita?

Jawaban yang paling simple adalah materialisme…faham ini yang mereduksi nilai-nilai keagamaan. Dengan faham ini sebagian orang merasa bahwa hidup bergantung pada masalah perut, apa yang dimakan dan yang dimiliki. Ketika rasa ini menguasai seorang manusia, ketika ajaran agama bertentangan dengan apa yang menjadi kepentingan perut dan kepemilikannya terhadap materi maka ajaran agama yang ada pun bisa tidak bernilai apapun. Dan ketika diingatkan oleh pemuka agama dengan lantang ia berkata masalah agama adalah masalah pribadi, tidak ada hubungannya dengan ranah publik selagi apa yang dilakukannya tidak merugikan publik itu sendiri. dan menurut saya itu pemikiran yang menyimpang..

Wallahualam Bishawab

Salam SuksesBelajar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s