Setangkai Bunga Wisudawan

Acara wisuda adalah tahap akhir dari sebuah jenjang pendidikan di perguruan tinggi, setelah hari ini seseorang telah syah dan ditetapkan menyandang gelar akademik. Kurang lebih 800 orang yang berasal dari program sarjana, magister dan doktor telah resmi menyandang gelarnya masing-masing setelah menempuh pendidikan tinggi di Institut Pertanian Bogor. Saya sangat berbahagia karena Alhamdulillah istri saya pun menjadi bagian dari acara tersebut.

Hari ini istri saya telah berhasil merampungkan studinya di program pascarjana Teknologi Hasil Perikanan dengan predikat sangat memuaskan. Saya berkesempatan untuk menemani di ruang wisuda, menyaksikan dengan khidmat prosesi penetapan oleh rektor IPB.

Merunut kejadian ke belakang ketika pertama kali saya mendampingi istri saya melaksanakan seminar hasil dan sidang akhir, saat itu istri saya sedang mengandung putra pertama kami. Bisa dibayangkan bagaimana tingkat kesulitan yang dihadapi istri saya waktu itu, kesulitan merampungkan tesis dan kesulitan berhadapan dengan kondisi psikis dan isik yang sudah mulai berubah seiring bertambahnya usia kandungan. Kadang saya merasa khawatir ketika istri saya sudah mencapai titik stress, apakah akan berpengaruh dengan kondisi kandungan atau tidak.

Alhamdulillah satu persatu proses itu telah terlewati, istri saya telah melahirkan putra pertama kami, dan secara resmi telah di wisuda, pengaruh aktifitas istri terhadap kandungan  yang sempat saya bicrakan di atas ternyata  mulai terlihat pada putra kami. Terkadang putra saya mengekspresikan mimik wajah serius seolah-olah sedang memikirkan sesuatu :).

Di akhir acara saya membeli setangkai bunga, bunga wisudawan dan saya berikan kepada istri saya, sebagai ucapan selamat dan penghargaan settinggi-tingginya atas perjuangan dan pengorbanab beliau selama menempuh masa studi di pascasarjana IPB). Anak cerdas terlahir dari ibu yang cerdas, anak cerdas selalu berada dalam dekapan ibu yang cerdas. Kepada istriku, semoga ilmu yang telah diperoleh menjadi modal besar dalam membangun keluarga, masyarakat bangsa dan negara serta ummat. Amiin ya robbal alamiin

Salam SuksesBelajar

Leave a Reply

