Hapus budaya malu

Ada hal yang menarik ketika saya bertanya kepada salah seorang murid saat mengajar matematika. Saya mengajukan sebuah pertanyaan yang membuatnya tersipu malu dan tak berani memandang saya. Pandangannya menunduk, sikapnya yang tak biasa, memandang teman di sebelah kanan dan kirinya dan tak mau memandang wajah saya dan ciri-ciri lain yang menunjukan rasa malu.

Saya bingung dengan sikapnya, padahal pertanyaan saya sangat sederhana, yaitu coba sebutkan rumus keliling dan luas lingkaran, tak ada yang bersifat pribadi yang bisa menyebabkan rasa malunya bangkit, dan itu sudah merupakan budaya. Bukan hanya pada hari itu, di kesempatan yang lain pun saat jam terakhir saya lontarkan tawaran untuk bertanya apakah mata pelajaran yang saya ajarkan sudah jelas atau belum hampir semua anak-anak diam, dan kita sebagai seorang guru dihadapkan pada satu pertanyaaan, apakah anak didik kita sudah faham atau tidak mengerti sama sekali sehingga diam seribu bahasa. Tidak ada yang tahu :)

Budaya malu yang saya contohkan di atas adalah budaya malu yang harus kita kikis dari anak didik kita. Ada beberapa budaya malu lain yang sama dengan contoh di atas dan harus kita hilangkan dari anak didik kita :

  • Hilangkan budaya malu bertanya dan memberi ide saat diskusi di kelas
  • Hilangkan budaya malu untuk mempertanyakan dengan cara yang baik mengenai cara kita mengajar di depan kelas.
  • Hilangkan budaya malu belajar pada teman-temannya di kelas, sesungguhnya teman-temannya di kelas bisa menjadi guru yang menyenangkan untuk anak didik kita.
  • Hilangkan budaya malu ketika meminta maaf sesama siswa, siswa dengan guru.

Mari bekerja keras untuk bersikap malu dengan cara yang benar.

Salam SuksesBelajar

Leave a Reply

