Betapa Malang Nasibmu (Bayi)

indexBerita kasus penjualan bayi sedang merebak akhirkhir ini. Sejunlah orang yang terlibat sindikat pejualan bayi internasional diduga berada di balik kasus ini. Untuk satu bayi bisa dihargai sebesar 80 juta rupiah. Sungguh mengejutkan, ternyata sindikat ini sudah beroperasi hampir sekita 10 tahun. Tidak bisa kita hitung berapa banyak putera dan puteri indonesia yang menjadi korban penculikan ini, bisa puluhan atau bahkan ratusan.

Ada pula seorang bayi yang mengalami tindak kekerasan oleh tenaga pengasuh bayi (baby sister) hingga meninggal dunia. Tindakan tak bertanggunga jawab itu dilakukannya karena alasan sang bayi rewel. sungguh memilukan.

Dua kasus di atas merupakan cerminan dari nasib bayi-bayi di Indonesia. mungkin kasus ini seperti gunung es sedikit di permukaaan damun tak terhitung di baliknya. Pola asuh bayi di perkotaan memenga mengalami pergeseran, seorang ibu yang ikut mencari nafkah hanya diberikan cuti sekitar 2 bulan atau kurang sehingga tugas pengasuhan dilakukan oleh pihak lain yakni baby sister.

Apakah itu salah, bisa ya bisa tidak, namun kondisi tersebut berdampak pada banyak kemungkinan, salah satunya kesalahan pola pengasuhan oleh baby sister, tindakan kekerasan atau ketidaknormalan pertumbuhan dan daya kembang bayi. Lalu bagaimana seharusnya? Saya kira anak harus dikembalikan kepada pengasuh aslinya, ibu yang melahirkannya. Walaupun memiliki pengasuh durasi waktu pengasuhan bersama ibu harus lebih lama bila dibandingkan dengan tenaga pengasuh bantuan. kalaupun kita memerlukan tenaga tambahan mulai dari peukrutan maupun kinerjanya harus selalu kita awasi dengan cermat dan seksama.

Beharap kehidupan ibu dan anak akan semakin baik setelah berbagai kasus yang terjadi di Indonesia.

Salam SuksesBelajar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s