Cita -cita suwakar

Bila kita tak sengaja lewat di antara kerumunan anak-anak dan menanyakan tentang cita-cita mereka di masa depan saya bisa menduga mereka akan kebingunagan dengan apa yang mereka cita-ciitakan. hal ini juga saya alami ketika saya pertyama kali mengajar di SMK Adi Sanggoro. Waktu itu saya tanyakan satu persatu cita-cita mereka.

Kenapa hal ini penting bagi saya??

Bagi saya seseorang yang punya cita-cita adalah seseorang yang sudah punya tujuan hidup. Ia secara sadar memiliki rencana tentang hari esok. Ibarat seseorang yang hendak berlayar ke suatu pulau kita harus menentukan dulu pulau mana yang hendak kita tuju, salah-salah kita mampir di pulau yang tak berpenghuni dan tak banyak sumber daya  di sana.

Dari sekian banyak siswa yang menjawab rata-rata mereka menjawab dengan jawaban yang sama, cita-cita ingin menjadi seseorang yang berguna bangi nusa bangsa dan negara serta orang tua. terlau umum dan terlalu simpel, setiap orang bisa mengatakannya. tanpa tujuan dan perencanaan yang jelas.Dan di antara mereka hanya ada satu yang dengan lantang mengatakan “Pak saya ingin menjadi seorang Masinis”. Jelas terukur dan terarah. Dialah Suwakar salah satu siswa saya.

 

Leave a Reply

