Kenali Karaktermu Melalui " Personalitree "

” Barang siapa yang mengenal dirinya maka ia akan mengenal Robbnya.”

(Hadist Rasulullah)

Personalitree berasal dari dua gabungan yakni “personality (Kepribadian)” dan “Tree (Pohon)”. Sehingga dapat kita artikan bahwa personalitree adalah kepribadian berdasarkan pohon tekniknya adalah membaca karakter kepribadian berdasarkan struktur yang ada di pohon.Pengenalan karakter ini dipopulerkan oleh Zen el Fuad dan Lutfie Ludino.

Artinya :

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah Telah membuat perumpamaan kalimat yang baik[786] seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit.  Pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.

Ayat tersebut memerintahkan kepada kita agar kita mengambil hkmah dan pelajaran dari sebuah pohon. Artinya apabila kita ingin memiliki karakter yang baik maka belajarlah pada pohon yang baik. Pohon yang baik setidaknya memiliki karakter akar yang kuat, cabang yang menjulang dan buah yang lezat. Artinya minimal kita harus memiliki tiga karakter tersebut. Selain karakter di atas ada beberapa bagian pohon yaitu : Daun, Bunga, Batang, Ranting dan Biji. Namun karakter tersebut sesungguhnya mendekati kepada ketiga karakter awal (Akar, Batang dan Buah).  Bunga lebih dekat dengan buah secara visual ia akan lebih menarik , batang lebih dekat dengan cabang karena kita lihat cabang itu merupakan batang yang kecil, biji lebih dekat dengan akar yang terbenam di dalam tanah. Setidaknya ada 4 karakter pohon agar pohon tersebut dianggap sebagai poho yang baik yaitu :

1. Akar yang kuat

Akar yang kuat berkarakter tersembunyi, memiliki sifat yang kuat, kaku, pondasi, menyerap, menyendiri dan bersinergi.

2. Cabang yang menjulang

Cabang yang menjulang akan memperlihatkan wujudnya, kuat, menguasai, atap, melebarkan bersaing dan bersinergi.

3. Buah yang lezat

Buah yang lezat memperlihatkan sesuatu hal yang menarik bagi orang lain, menggantung, segr, memberi, berinteraksi, dan bersinergi.

4. Daun yang lembut memperlihatkan kesejukan, tergantung angin, fotosintesis, mengikuti, menengahi, dan bersinergi.

Advertisements

One response to “Kenali Karaktermu Melalui " Personalitree "

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s