Lupa..lupa..lupa..

Lupa, lupa lupa lupa, lupa lagi syairnya
Lupa, lupa lupa lupa, lupa lagi syairnya
Ingat, ingat ingat ingat, cuman ingat kuncinya
Ingat, aku ingat ingat, cuman ingat kuncinya..

Tentunya syair lagu tersebut sudah tidak asing lagi terdengar di telinga anda. Lupa memang seakan sudah menjadi tabiat manusia. Setiap orang dari mulai anak-anak sampai orang tua pasti pernah mengalami lupa. Bahkan semakin tua semakin menjadi sifat lupanya. Artinya lupa adalah sesuatu yang normal.

Sebenarnya apakah penyebab orang sering mengalami “lupa”?? jawabanya banyak sekali hal-hal yang menyebabkan kita bisa lupa. salah satunya adalah karena kita memang tidak ingin memngingat informasi yang masuk ke memori otak.

Pada kasus tertentu anda mungkin pernah menglami suatu kejadian buruk yang anda sendiri enggan mengingatnya. Saat kita memerintahkan otak untuk tidak mengingat sutu peristia maka secara otomatis otak kita akan menghapus beberapa informasi. Bahkan terkadang ada beberapa peristiwa penting yang terhapus dan tidak mampu kita ingat saat membutuhkannya karena informasi tersebut sudah terhapus sebelumnya. .

Terkadang kita merasa jengkel, kesel stress dengan sifat lupa yang terus menempel dan terkadang menghambat aktifitas yang kita lakukan sehari-hari. Namun anda jangan berfikiran negatif dulu terhadap si “lupa” yang selalu datang, terkadang “lupa” membawa berkah. bayangkan saja apabila kita mengngat semua informasi yang masuk ke dalam otak, kita akan jadi seseorang yang selalu mengingat semuanya.

Mungkin kita pernah merasa kesal, marah, depresi, karena kita sering lupa akan sesuatu. Kita jarang sekali melihat bahwa ketidakmampuan kita untuk menyimpan ingatan kita secara baik, kadang membawa berkah. Coba deh, anda pikirkan. Bagaimana kalau seandainya anda menjadi seseorang yang selalu mengingat sesuatu. Anda mengingat semua hal yang anda lihat, anda temui, anda dengar, anda kenal dsb. Tidak peduli pengalaman itu baik atau buruk, semua yang bisa kita liat kita dengar dan kita rasakan akan selalu kita ingat. Seluruh kepala kita akan diisi oleh banyak sekali informasi bak yang penting atau tidak sama sekali. Saya kira kepala kita akan meledak dengan hebat.

Bersyukurlah karena Allah SWT menganugrahkan si “lupa” kepada kita sehingga kita mengingat apa yang memang perlu kita ingat sehingga hidup terasa lebih efisien karena kita menerima apa yang diperlukan tidak berlebihan. Atau jangan-jangan sebenarnya lebih banyak hal-hal yang ingin kita lupakan…..

Salam SuksesBelajar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s