Warna bisa membantumu dalam belajar

Ketika anda pergi ke pasar bersama ibu anda dan kebetulan di pasar tersebut pengunjungnya menggunakan baju berwarna hitam. Tiba-tiba anda tersesat, Bisa dibayangkan apabila ibu anda juga memakai baju hitam, tentunya anda akan sangat kebingungan mencarinya. Namun apabila ibu anda memakai warna baju yang berbeda seperti hijau atau merah tentunya tentu nasib anda mungkin berbeda. Untuk membantu menghafal materi di sekolah/kampus kita bisa menggunakan warna yang berbeda di setiap tulisan kita. Hal ini dilakukan untuk membantu mengingat point-point yang dianggap penting untuk dihafal atau difahami.
Mengapa warna bisa memacu ingatan kita?. Sebenarnya bukan karena efek warna sehingga kita bisa mengingat sesuatu lebih mudah dan cepat. Coba anda beri warna semua tulisan anda dengan warna yang apakah itu akan membantu anda dalam menghafal?
Nah sekarang coba tulisan yang kita beri warna tersebut diberikan warna yang berbeda pada beberapa kalimat (contohnya diberi warna hijau atau merah sehingga berbeda dengan warna tulisan awal yang hitam semua). Tentunya anda akan mengalami sensasi yang berbeda. Berbeda dengan saat awal anda menggunakan tulisan dengan warna yang sama hitam.
Apakah sensasi tersebut anda peroleh karena warna merah atau hijau tersebut??/ ternyata bukan! Hal ini bisa terjafi karena ada sesuatu yang memang “berbeda”atau “unik” atau “tidak biasa” pada tulisan yang berwarna merah dan hijau. Mengapa demikian? Jelas karena warna merah atau hijau itu berbeda dari warna mayoritas (hitam). Kalimat yang berwarna merah mungkin hanya sedikit, tapi itu justru menarik perhatian otak kita. Nah, ketika otak tertarik pada sesuatu maka di situlah konsentrasi kita muncul. Ingatan yang sempurna itu selalu ada sewaktu kita dalam keadaan yang konsen (konsentrasi penuh).
Mulai sekarang cobalah untuk memakai warna-warna di setiap tulisan/catatan yang ingin anda ingat. Coba rasakan sensasi perbedaannya. Anda bisa gunakan alat stabillo, pulpen warna, spidol warna, atau apapun yang penting berwarna.
Selamat Mencoba

Salam SuksesBelajar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s