What is the meaning of your name?

Sebagai seorang guru saya sering kali bertemu dengan banyak orang, baik siswa maupun orang tuanya. Dari sekian banyak orang yang saya temui hal pertama yang saya ingat adalah namanya. Setiap orang pasti memiliki nama, karena ketika kita lahir  dengan serta merta orang tua kita memberikan nama untuk kita.

Sebenarnya apa arti sebuah nama?? mungkin orang sering bilang “apalah artinya sebuah nama????” bagi saya sangat berarti coba bayangkan bagaimana kalau kita tak diberi nama oleh orang tua kita??  tentunya orang akan merasa kebingungan kalau memanggil kita, tidak akan ada komunikasi antara dua orang individu karena tidak ada ciri identitas yang bisa dijadikan acuan.

Bagi saya nama adalah do’a. Orang tua yang memberikan nama anaknya Arif tentunya berharap anaknya nanti akan menjadi seseorang yang arif. Begitu pula nama saya Adi Setiadi terdiri dari dua kata Adi dan Setia. Menurut kamus bahasa Indonesia, Adi adalah yg pertama; yg terutama; yg terbaik dan Setia adalah 1 berpegang teguh (pd janji, pendirian,dsb); patuh; taat: ia tetap – melaksanakannya;ia tetap — memenuhi janjinya; 2 tetap dan teguh hati (dl persahabatan dsb): telah sekian lama suaminya merantau, ia tetap — menunggu; 3berpegang teguh. Pada saat itu orang tua saya berharap suatu saat saya menjadi orang yang terbaik dan berpegang teguh atau setia.

Yang menjadi pemikiran untuk kita adalah apakah nama yang telah melekat pada kita telah tercermin pada perkataan, perbuatan dan pemikiran yang kita sehari-hari. Jika nama kita adalah nama seorang nabi apakah pemikiran, perbuatan dan perkataan kita sudah layaknya sebagai seorang nabi?

Nama yang melekat pada kita adalah doa dan harapan dari orang tua kita. Apabila kita mencintai mereka maka sepatutnya kita berusaha agar nama yang melekat pada kita sesuai dengan apa yang kita fikirkan, perkataan yang kita ucapkan dan perbuatan yang kita lakukan dalam kehidupan kita. Mari.. dengan berusaha sekuat tenaga……

Salam SuksesBelajar

Leave a Reply

