Apa cita-cita siswa didik anda??

Seperti biasanya, ketika memulai kegiatan belajar mengajar saya selalu memperkenalkan diri di depan siswa. Begitupun mereka setelah saya selesai siswa siswi saya menyebutkan nama beserta alamat,  dan cita-cita. Sebagai guru baru saya memang diharuskan cepat beradaptasi dengan tempat mengajar yang baru. Dan perkenalan adalah media yang sampai saat ini cukup efektif mencairkan suasana disaat pertama masuk ke kelas.

Perkenalan saya awali dengan meyebutkan nama saya dan disusul dengan nama mereka satu persatu. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa perkenalan kami dimulai dengan nama, alamat dan cita-cita. Tahukah bahwa rata-rata setiap anak memiliki cita-citnya masing, ada yang bercita-cita sesuai dengan bidang mereka ada pula yang diluar bidang yang sedang mereka pelajari. Ada yang ingin jadi surveyor, pramugari, guru melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, bahkan ada sebagian yang tidak bahkan tidak punya cita-cita.

Sejenak saya tertegun dengan beberapa anak-anak yang dengan spontan berucap dan bercita-cita “Pak cita-cita saya ingin membahagiakan kedua orang tua saya” . Kata-kata nya cukup simple tidak butuh banyak teori, mungkin juga mereka bingung bagaimana cara mewujudkannya. Namun dalam hati nurani mereka dengan jelas dan tegas menyatakan “aku ingin membahagiakan orang tuaku” nurani itu disimpan hingga menjadi cita-cita. Subhanallah…

anak-anak seusia mereka adalah anak-anak polos ditengah kepolosannya tersebut tersimpan cita-cita yang luar biasa. Bagaimana jika cita-citanya terkabul?? tentunya mereka telah menjadi anak shaleh. Setidaknya cita-cita mereka tertanam di hati mereka. Semoga allah SWT mewujudkan apa yang mereka cita-citakan. Amiin..

Sebagai tenaga pendidik kita seolah tertantang, mampukah kita mengarahkan cita-cita mulia yang tertanam di hati mereka??Semoga…

One response to “Apa cita-cita siswa didik anda??

Leave a Reply

