Bertani di lahan kering, mungkinkah ?

Pohon sangat penting bagi hidup kita. Pohon mengekstrak air tanah dengan menggunakan akar dan melepaskannya ke atmosfer. Bagi negara yang mesih memiliki jumlah pohon yang banyak tentunya ketersediaan air baik untuk kehidupan rumah tangga maupun pertanian dapat tercukupi. Lain halnya dengan negara-negara yang mengalami kerusakan ekosistem kondisinya aka sangat berbeda. Ketika pohon-pohon rusak atu tak dapat hidup di suatu kawasan, pohon-pohon tidak lagi bisa menguapkan air ini. hal ini menyebabkan di beberapa daerah memiliki iklim kering.

Pengurangan jumlah pohon di suatu kawasan berarti mengurangi kandungan air dalam tanah/ air tanah. Hal ini juga mengurangi kandungan air sebagai kelembaban atmosfer. Hal ini menyebabkan tanah menjadi kering, tak ada tumbuhan yang bisa hidup dan pada akhirnya seiring berjalannya waktu akan lahir ekosistem dengan jumlah pohon yang semakin berkurang. Gurun adalah salah satu contohekosistem kering dengan jumlah pohon yang sangat sedikit.

Untungnya kini telah banyak studi, inovasi inisiatif, dan penemuan yang dibuat untuk menanam pohon di gurun. Mungkin suatu hari kita akan melihat banyak daerah gurun di dunia saat ini akan berubah menjadi hijau.

Sebagai contoh di Najran, Arab Saudi mungkin orang tak menduga bahwa pohon bisa tumbuh di sana. Jeruk, lemon, jeruk mandarin dan pohon-pohon yang tumbuh di sana di tanah berpasir. Mereka memproduksi sekitar 1 juta atau lebih setahun untuk buah jeru.

1. Groasis waterboxx
Groasis waterboxx adalah desain yang sangat kreatif dengan kesederhanaan dimana akan memungkinkan kita untuk menanam bahkan di padang pasir tanpa irigasi yang baik. Dalam jenis sistem irigasi tidak diperlukan dan telah bekerja terbukti di beberapa daerah seperti Spanyol di mana kurangnya pasokan air disajikan. Sistem ini diciptakan oleh Pieter Hoff dari Belanda.

Teknologi Groasis sebenarnya adalah sebuah teknologi biomimikri atau teknologi yang meneliti alam dan menggunakannya untuk memecahkan masalah manusia. Dalam hal ini adalah bagaimana kita bisa menanam pohon di padang pasir. Pada dasarnya ada beberapa prinsip-prinsip yang diterapkan yaitu :

  • memperbaiki tanah dengan mikoriza.
  • meninggalkan struktur kapiler utuh
  • menggunakan tanaman dengan akar utama di sebelah kanan
  • penggunaan waterboxx dan jika diperlukan saat penanaman di bebatuan
  • penggunaan bor kapiler.

2. Permaculture System

Sistem Permakultur adalah teknik yang sangat menarik karena sistem ini ramah lingkungan. Sistem ini menyatkan antara pemukiman dengan lahan pertanian sebagai satu kesatuan.

Sistem ini telah terbukti berjalan sukses untuk penanaman pohon di daerah-daerah kosong seperti Yordania.

3. Lateral Move Irrigation System

Sistem ini bekerja dengan memompa air dan menyemprotkannya di atas tanaman. Sistem ini bukan sistem yang diam artinya dibutuhkan energi untuk menjalankannya. Mungkin sistem ini hanya berlaku untuk beberapa negara yang kaya dengan diesel dan bensin. Namun jika pompa dapat diubah untuk didukung oleh angin atau tenaga surya, maka akan menjadi pilihan yang jauh lebih baik.

Itulah beberapa metode yang telah dilakukan untuk melakukan kegatan bertani di lingkungan kurang air seperti gurun. Semoga nantinya akan banyak penemuan terbaru yang terkait dengan kemajuan pertnian, terlebih Indonesia adalah negara pertanian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s