KUNGFU PANDA 1

Bagi teman-teman yang telah melihat film kungfu panda, tentunya akan memiliki kesan yang sama dengan saya “film yang penuh pesan moral”

Kisah ini diceritakan di Valley of Peace, tanah fiksi di China kuno yang dihuni oleh hewan antropomorfik. Po (Jack Black), seorang yang kikuk, gemuk, adalah maniak kung fu yang mengidolakan Furious Five – Tigress (Angelina Jolie), Monkey (Jackie Chan), Mantis (Seth Rogen), Viper (Lucy Liu), dan Crane (David Cross) – sebuah grup kung fu master dilatih oleh Master Shifu (Dustin Hoffman) untuk melindungi Valley of Peace. Karena dia bekerja di rumah makan mie milik ayahnya,Ping (James Hong)Po tidak mampu untuk mencapai impiannya menjadi master kung fu .

Suatu hari, mentor Shifu, Master Oogway (Randall Duk Kim), memiliki firasat bahwa mantan murid Master Shifu dan anak angkatnya,Tai Lung (Ian McShane), akan melarikan diri dari penjara dan kembali ke Valley of Peace untuk membalas dendam karena menyangkal Dragon Scroll, yang dikatakan untuk memegang rahasia kekuatan tak terbatas. Shifu mengadakan turnamen kung fu untuk Furious Five sehingga Oogway dapat mengidentifikasi Legendary Dragon Warrior , salah satu master kung fu layak menerima Dragon Scroll dan mampu mengalahkan Tai Lung. Dipaksa untuk mengambil gerobak mie ke turnamen, Po tiba setelah pintu dekat arena turnamen dan tidak dapat masuk. Putus asa untuk melihat Dragon Warrior dipilih, Po mengikat dirinya di sebuah kursi dan menyalakan seperangkat kembang api di bawah kursi dan meluncur ke langit. Po terhantam ke tengah arena pada saat Master Oogway menunjuk Dragon Warrior. Untuk mengejutkan semua yang hadir, Master Oogway memilih Po, tampaknya secara tidak sengaja.

Tidak mau percaya bahwa panda gemuk yang besar bisa menjadi Dragon Warrior, Master Shifu berusaha menyingkirkan Po dengan mencaci-maki dan mengejek dia di pelatihan dengan Furious Five, yang juga Po diolok-olok karena kurangnya keterampilan dalam kung fu. Setelah menerima dukungan dari Master Oogway, bagaimanapun, Po bertahan pelatihan melelahkan. Sementara itu, Tai Lung keluar dari penjara sebagaimana yang diramalkan oleh Master Oogway, yang membuat Master Shifu untuk melatih Po . Masih tidak dapat memahami dasar-dasar kung fu, Po putus asa bahwa ia tidak memiliki kesempatan untuk mengalahkan Tai Lung. Shifu, bagaimanapun, menemukan bahwa Po mampu prestasi fisik mengesankan ketika termotivasi oleh makanan. Menggunakan makanan sebagai penguat positif, Shifu berhasil melatih Po untuk memasukkan prestasi ini menjadi sebuah gaya fu kung sementara belum berlaku efektif.

Sementara itu, Furious Five ditetapkan untuk menghentikan Tai Lung sendirian. Shifu memutuskan Po siap menerima Dragon Scroll, tetapi Dragon Scroll tidak ada tulisan apapun. Dalam keputus asaan, Shifu menyuruh Po dan Furious Five untuk mengevakuasi lembah. Po kesal menemukan ayahnya yang, dalam upaya untuk menghiburnya, mengungkapkan bahwa bahan rahasia untuk terkenal “sup bahan rahasia” nya,tidak ada bahan rahasia apapun. Menyadari bahwa konsep ini seprti Dragon Scroll, Po kembali ke Istana Jade untuk menghadapi Tai Lung, yang telah mencapai Istana dan hampir membunuh Shifu. Po terbukti menjadi tantangan berat bagi Tai Lung ketika ia mencoba untuk melindungi Dragon Scroll. Meskipun Dragon Scroll akhirnya jatuh ke dalam genggaman Tai Lung, ia tidak dapat memahami atau menerima makna simbolis, dan akhirnya Po mengalahkan dia menggunakan Wuxi Finger Hold. Po dipuji oleh penduduk Valley of Peace dan mendapatkan rasa hormat dari Furious Five, yang sepenuhnya mengakui dia sebagai master kung fu sejati.

1. The Real Warrior never quit.
Master Shifu mengucapkan kata-kata ini saat mengajar Po kungfu. Mengandung makna bahwa pejuang sejati tak pernah menyerah. Kalau ingin sukses dengan mimpi dan cita-cita, maka kita harus seperti pejuang sejati yang tak kenal menyerah.

2. ..you have to believe you’re special.
Saat Po menerima lembaran kitab Naga yang ternyata isinya kosong, Po pun putus asa. Ayahnya pun berkata: “The secret to be special is you have to believe you’re special,” maknanya adalah bahwa jika kita merasa kita ini spesial, maka kita dengan sendirinya akan menjadi sosok yang spesial dan mampu menciptakan hal-hal sederhana dengan spesial.

3. ..just believe.
Master Oogway menyampaikan kata-kata ini untuk meyakinkan Master Shifu. “You Have to believe, Just believe”, maknanya ialah yang kamu harus percaya, hanya percaya bahwa hal apapun bisa terjadi. Serahkan kepada Yang Kuasa dan percayalah.

4. ..the secret is in you.
Saat Po bertanya mengenai resep rahasia apa yang membuat mie bikinan ayahnya tersebut menjadi disukai banyak orang, sang ayah menjawab: “There is no secret ingredients, The secret is in you”.

Kalimat ini mengandung makna bahwa tak ada tak ada hal-hal spesial yang diperlukan untuk menjadi hebat, tak ada rahasia apapun. Rahasianya adalah di dalam diri kita sendiri, semangat pantang menyerah, peraya pada diri sendiri dan berdoa.

5. ..that’s why it’s called a present.
Po yang merasa dirinya tak berguna, diberi kata-kata bijak oleh sang Master Oogway: “Yesterday is History, tomorrow is a mystery, but today is a gift, that is why it’s called a present.”

Maknanya: “Kemarin adalah sejarah, besok adalah misteri, tapi hari ini adalah pemberian yang Kuasa (anugrah), karena itulah hidup disebut pemberian. Jangan terpaku dengan hal yang telah lalu, ambil hikmahnya agar bisa lebih baik di hari esok, karena hidup adalah pemberian Tuhan.

6. Kehadiran keluarga.
Ayah Po adalah pribadi yang baik bagi Po. Ia selalu hadir di saat Po sedang membutuhkan. Maknanya jelas, bahwa keluarga sangatlah penting bagi kita. Keluarga bisa berarti arti yang sebenarnya, ataupun teman dekat yang bisa memberi dukungan pada kita. Jadi, kita pun harusnya juga memberikan dukungan dan kasih sayang bagi keluarga kita.

7. “Your story might not have such a happy beginning, but that doesn’t make you who you are!! It’s the rest of your story who you choose to be!”
Diri kita bukanlah dibentuk dari cerita kehidupan yang baru diawal cerita saja. Keseluruhan dan akhir cerita itulah yang menjadikan siapa diri kita sebenarnya. Maknanya adalah kejadian masa lalu yang buruk dan pahit bukanlah yang membuat kita diri kita yang sebenarnya. Menjalani kehidupan dengan mengambil hikmah masa lalu dan terus melakoni hidup hingga akhir, itulah hidup yang kita pilih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s