Mengatas kesulitan menghafalkan nama…

Saya adalah salah satu orang yang sedikit kesulitan untuk menghafalkan nama. Mungkin anda juga sama dengan saya termasuk ke dalam orang yang sering bermasalah dengan mengingat nama. Dan mungkin kebanyakan dari kita mungkin begitu. Kita mungkin sering sekali berkenalan dengan orang-orang baru, namun ketika bertemu untuk kedua kalinya kita baru sadar bahwa ternyata hanya sedikit sekali dari orang-orang tersebut yang benar-benar kita ingat namanya.

Di bawah ini ada beberapa tips yang  bisa digunakan untuk mengingat nama. mudah-mudahan bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari :

1. Mengulangi Namanya
Saat Anda berkenalan dengan orang tersebut, sebaiknya Anda mengulang namanya, ‘Halo Budi, saya Anton’. Dengan ini maka bisa membantu Anda untuk saling menancapkan nama masing-masing dalam pikirannya.

2. Bertanya atau mengomentari namanya
Setelah dia menyebut namanya, bertanyalah atau setidaknya memberi komentar mengenai namanya, misalnya, ‘Oh, Agustina ya? Pasti lahir bulan Agustus ya??’, yang perlu Anda ingat adalah, komentar atau pertanyaan Anda tidak bernada negatif atau tidak berlebihan, dan tidak menyinggung.

3. Minta dia untuk mengeja namanya
Jika anda kesulitan untuk menyebut namanya, mintalah untuk mengeja namanya ‘Adi? Pake ‘i’ apa pake ‘y’ ya??’. Anda juga bisa menerapkan hal ini saat Anda berkenalan, misalnya, ‘nama saya Anisye, ?n nya cuma satu’

4. Asosiasikan namanya dengan sesuatu yang ada di pikiran Anda
Jika Anda bertemu dengan seseorang yang bernama Arnold, maka Anda bisa mengasosiasikannya dengan Arnold Schwazenegger dalam film Terminator yang kekar itu.

5. Bertanya bagaimana dia bisa mendapat nama itu
Tak bisa dipungkiri, ada sebagian orang yang memiliki nama unik dan tak biasa. Untuk membantu anda mengingatnya, cobalah bertanya asal-usul dari nama tersebut. Seperti nama Dirmansyah yang mungkin asing di telinga Anda, sesungguhnya nama tersebut adalah gabungan nama orang tuanya, Sudirman dan Aisyah.

6. Tetap semangat
Saat berkenalan, tunjukkan dengan bahasa tubuh bahwa Anda tertarik dan bersemangat berkenalan dengannya dan berusaha menghafal namanya. Agar suasana perkenalan jadi lebih hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s