APA RESOLUSI HIDUP ANDA DI TAHUN 2012

Kalau bicara masalah akhir tahun atau tahun baru tentunya banyak orang-orang yang membuat resolusi. mendadak istilah resolusi hidup biasanya menjadi populer pada setiap akhir tahun atau awal tahun. Sebenarnya apa resolusi hidup itu ?

Resolusi hidup adalah komitmen-komitmen yang ingin diraih pada tahun yang akan dilalui dengan mempertimbangkan hasil evaluasi dari tahun sebelumnya.

Setiap orang tentunya memiliki perbedaan dalam menentukan apa resolusi hidupnya di tahun mendatang dengan memasang sejumlah targetan. Saat ngobrol bersama teman-teman rata-rata diantara mereka memasang target-target seperti menginginkan rumah sendiri, kendaraan bermotor, promosi jabatan, bahkan ada yang mau nambah putra lagi katanya. Yag saya tangkap seolah-olah resolusi hanya dibuat untuk mendapatkan sesuatu yang sifatnya kebendaan.

Apakah itu salah? saya rasa tidak perlu membicarakan apakah itu salah atau benar. Namun sebagai sebuah saran tentunya akan lebih baik bila kita membuat resolusi dengan targetan yang erat hubungannya dengan tingkah dan perilaku kita sehari-hari. Untuk memudahkan dan membantu Anda membuat resolusi tahun depan, saya menyarankan empat hal yang patut untuk dipertimbangkan.

Pertama, coba tuliskan sikap dan perilaku positif baru apa yang akan Anda lakukan pada tahun 2012. Sikap dan perilaku ini  belum Anda lakukan dan di tahun 2012 anda berniat benar-benar akan melakukannya. Sebagai contoh tahun 2012 saya tidak akan menunda pekerjaan yang seharusnya saya kerjakan, atau akan membaca buku peningkatan kualitas diri sebulan minimal dua buku.

Kedua, coba tuliskan sikap dan perilaku positif yang akan Anda tingkatkan. Sebenarnya Anda sudah melakukannya di tahun 2011 namun pada tahun 2012 Anda akan lebih meningkatkannya lagi. Sebagai contoh kalau biasanya kita membaca Al Qur’an setengah halaman sehari maka di tahun depan ditingkatkan menjadi satu atau dua halaman sehari. Resolusi tersebut tentunya akan cocok bagi anda yang terbiasa membaca Al-Quran setiap harinya namun masih terbatas hanya satu lembar karena terlalu sibuk dengan kegiatan lain.

Ketiga, anda tuliskan sikap dan perilaku negatif yang benar-benar ingin Anda buang di tahun 2012. Jadi, jika selama ini Anda sudah menyadari bahwa sikap dan perilaku itu merugikan Anda atau tidak pantas Anda lakukan, maka di tahun 2012 Anda berkomitmen untuk membuang jauh-jauh sikap dan perilaku itu. Contohnya sudara memiliki sifat boros ingin sekali menghemat dan menabung maka anda harus bertekad untuk menghilangkan sfat boros saudara.

Keempat, anda bisa tuliskan sikap dan perilaku negatif yang akan Anda kurangi. Ini menjadi sangat urgent apabila selama ini kebiasaan negatif itu sudah mendarah daging dalam perjalanan hidup Anda. Anda mungkin sangat sulit membuangnya sekaligus, maka berkomitmenlah untuk membuangnya secara bertahap. Contohnya anda terbiasa merokok, seperti kebanyakan teman saya perokok sangat sulit untuk berhenti. Ia akan sulit dihentikn langsung maka mengurangi kegiatan merokok saya kira solusi yang tepat untuk pecandu rokok, mudah-mudahan kebiasaan anda merokok akan semakin terkikis tahun demi tahun,.

Dengan menambahkan empat hal tersebut dalam penyusunan resolusi hidup anda di tahun 2012 ini  saya yakin hidup anda akan semakin berarti.  Salam Sukses !!!!

Terima kasih kepada Pak Jamil Azzani

Advertisements

7 responses to “APA RESOLUSI HIDUP ANDA DI TAHUN 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s