Berkunjunglah Ke Kota Kuningan, Jawa Barat 3

Bagi teman-temn yang senang jalan-jalan namun masih ingin tetap belajar dan tertantang menguak sejarah masa lalu paling tepat untuk berkunjung ke Situs Purbakala Cipari.

Selamat Datang di Taman Purbakala Cipari Kabupaten Kuningan

Situs Cipari ditemukan pada tahun 1972 dengan identifikasi sebuah peti kubur batu yang merupakan satu ciri dari perjalanan hidup masa pra sejarah. Penelitian /ekskavasi arkeologi secara sistematis, dibawah pimpinan Teguh Asmar MA yang dilakukan mulai tahun 1975 menghasilkan temuan-temuan perkakas dapur, gerabah perunggu dan bekas-bekas pondasi bangunan masa prasejarah.

Kuburan Batu sebanyak dua buah ditemukan di situs ini. Sebuah wujud enghormatan terhadap orang yang sudah meninggal

Bertolak dengan analisa lipologie dan stragtegrafie beserta kelompok benda temuan, situs Cipari pernah mengalami dua kali masa pemukiman, yaitu masa akhir Neolitik dan awal pengenalan bahan perunggu yang berkisar tahun 1000 SM sampai dengan 500 SM dimana masyarakat tersebut telah mengenal organisasi yang baik beserta kepercayaan yang erat bertalian dengan pemujaan nenek moyang dengan adat mendirikan bangunan dari batu-batu besar dan disebut dalam ilmu purbakala megalit.

Dasar dari keseluruhan tradisi megalitik ini adalah kepercayaan akan adanya hubungan erat antara yang masih hidup dengan yang telah mati atas kesejahteraan manusia, ternak dan pertanian. juga ada keyakinan bahwa semua kebaikan atau tuah dari seorang kerabat yang telah mati dapat dipusatkan pada monumen-monumen yang diberikan guna menjadi medium penghormatan, menjadi tahta kedatangan, sekaligus menjadi lambang bagi si mati.

Jasa amal atau kebaikan dapat diperoleh dengan mengadakan pesta-pesta atau upacara-upacara tertentu yang mencapai titik puncaknya dengan mendirikan monumen-monumen batu atau tugu-tugu kayu bagi yang telah mati.

Guci dan Pendil Peningalan ditemukan di situs Cipari

Kapak batu yang digunakan untuk bertani dan berburu

Gelang batu yang indah dengan bentuk sudah tak sempurna lagi

Lingkungan situs selama proses ekavasi.

Seluruh masyarakat bergotong royong membangun situs purbakala Cipari

Bangunan tempat menyimpan artefak yang ditemukan di lingkungan sekitar situs purbakala.

Silahkan Berkunjung ke Situs Purbakala Cipari

Kebaikan tidak hanya akan memberikan prestasi dam kehidupan tapi juga menjamin nasib yang lebih baik lagi dalam hidup sesudah mati nanti. Data-data demikian jadi pelindung tingkah laku baik seseorang dan pemusatannya kepada monumen akan menambah kekayaan, serta mempertinggi kesejahteraan beserta derajat dan hasil cocok tanamnya.

Berfoto bersama Pak Sama Petugas di Situs Cipari Kuningan

Jadi konsep hidup masa depan mereka adalah kekhusuan yang telah atau tidak/ belum didapatkan didunia fana, hanya akan dicapai diakhirat dengan melihat perbuatan dan amal apa yang pemah mereka lakukan selama hidupnya di dunia fana dan disamping itu pula cara bagaimana kalau mereka mati dibangkitkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s