AC raksasa di bumi bumi

Bagaimanakah perputaran udara di atmosfer bisa terjadi ? hal ini berkaitan dengan berpindahnya gas panas atau dingin atau aliran permukaan pada atmosfer (perpindahan panas  secara aliran disebut konveksi). Jika bisa diilustrasikan seperti pada tembok dalam sebuah ruangan. Bila ada dua ruangan yang berbeda suhunya, yang satu panas dan yang lainya dingin sedangkan diantara keduanya ada pembatas tembok maka udara akan merambat dari ruangan yang panas melalui tembok menuju ruangan yang lebih dingin  lalu kemudian merambat kembali ke ruangan yang lebih panas.

Sama halnya dengan di atmosfer. dapat diibaratkan sebagai ruangan yang sangat luas dengan  dinding yang tipis. Jarak antara ekuator dan kutub adalah 10.000 km dan tinggi dinding pada atmosfer bagian stratosfer hanya 10 km. Udara pada stratosfer membentuk seperti sebuah sel. Di antara equator dan kutub memiliki  semacam 3 sel  dan di dalamnya terjadi sirkulasi udara dari utara ke selatan.

Hasil dari sirkulasi aliran energi panas menuju kutub dan pembagian iklim pada keduanya (antara ekuator dan kutub) memungkinkan untuk terjadi. Di dalam atmosfer terdapat daerah kesetimbangansetiap udara dari utara datang maka udara dari selatan pun akan datang. ini menjadikan tekanan di troposfer memiliki tekanan yang lebih rendah. Perpindahan udara di atmosfer berhubungan pula dengan perpindahan uap air di antara lautan dan  daratan dan diantara perbedaan lintang. uadara yang lembap dapat memindahkan banyak energi bila dibandingkan dengan udara yang lebih kering.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s