8 Maret,

Salah satu sifat waktu adalah tidak bisa berulang.  Setiap hari terdapat beribu kejadian yang direkam oleh sejarah. Berikut ini adalah kejadian -kejadian yang bersejarah  yang terjadi pada tanggal 8 Maret.

1916 Johanes Kepler mempublikasikan hukum kepler


Ilmuwan berkebangsaan Jerman Johanes Kepler menyatakan bahwa setiap planet bergerak dengan lintasan elips, matahari berada di salah satu fokusnya, luas daerah yang disapu pada selang waktu yang sama akan selalu sama dan perioda kuadrat suatu planet berbanding dengan pangkat tiga jarak rata-ratanya dari matahari.

1942  Kapitulasi Belanda kepada Jepang di Kalijati, Subang.


Kekuasaan Eropa atas Asia Tenggara khususnya Belanda atas Indonesia berakhir. Jepang dengan misi  perang Pasifik atau Perang Asia Timur Raya berhasil menguasai Indonesia. Di bawah pmpinan Jendral Imamura.

1950 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) didirikan.


Satpol PP adalah perangkat Pemerintah Daerah dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah. Organisasi dan tata kerja Satuan Polisi Pamong Praja ditetapkan dengan Peraturan Daerah.

1965 Gedung MPR/DPR didirikan.


Sebagai negara demokrasi dengan prinsip dari, oleh dan untuk rakyat didirikanlah MPR dan DPR sebagai perwakilan kedaulatan rakyat. Keduanya berasal dari setiap daerah di ndonesia. Setelah mengalami berbagai dinamika dan perkembangan fungsi kedua lembaga negara ini adalah : 1. MPR memegang kedaulatan tertinggi rakyat dan berwenang dalam merumuskan dan mengamandemen UUD 1945 serta melantik Presiden dan Wakil Presiden.  2. DPR sebagai lembaga eksekutif bersama-sama degan pemerintah merancang dan menyahkan Undang-undang.

1975 Hari Perempuan Internasional


Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tanggal 8 Maret setiap tahun. Ini adalah sebuah hari besar yang dirayakan di seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial. Di antara peristiwa-peristiwa historis yang terkait lainnya, perayaan ini memperingati kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada 1911 yang mengakibatkan 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.

2003 Yonif Batalyon Infantri  100/raider diaktifkan kembali.


Batalyon Infanteri 100/Raider Kodam I/Bukit Barisan adalah sebuah pasukan elit infanteri lintas udara Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bermarkas di Namu Sira-sira, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Batalyon ini pernah dibekukan kegiatannya pada tanggal 2 Oktober 2002 setelah terjadi bentrokan antara oknum anggota batalyon dengan oknum anggota Brigade Mobil Polda Sumut yang bermarkas di Tanah Tinggi, Binjai (insiden Binjai). Sebelum dibekukan, batalyon ini bernama resmi Batalyon Infanteri Lintas Udara 100/Prajurit Setia disingkat Yonif Linud 100/PS. 5 bulan setelah pembekuannya, batalyon ini kemudian diaktifkan kembali pada tanggal 8 Maret 2003 dengan nama baru Yonif 100/Raider.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s