CHURCHILL, FLEMING, DAN PENISILIN

 Suatu hari seorang petani Skotlandia yang miskin sedang asyik mencangkul, ketika mendengar rintihan minta tolong tak jauh dari kebunnya. Segera ia berlari  ke arah tersebut dan mendapati seorang bocah kecil terperosok ke dalam genangan lumpur sampai ke pinggangnya. Dengan bantuan tongkat ia berhasil menyelamatkan bocah tersebut.

Pada hari berikutnya datang seorang bangsawan den rombongannya ke rumah petani. Sang bangsawan menawarkan hadiah kepada si petani karena telah menyelamatkan nyawa putranya kemarin. Tapi tawaran itu ditolak. Persis ketika itu anak si petani keluar dari kamarnya. Melihat ada bocah di dalam rumah tersebut, si bangsawan mengajukan tawaran lain, “kalau begitu berilah saya kesempatan untuk menyekolahkan anak anda agar mendapat pendidikan yang layak. Kalau bocah ini punya sifat seperti ayahnya, pastilah nantinya ia tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang bisa Anda banggakan.” Si petani setuju.

Beberapa tahun berlalu, si anak petani tersebut berhasil lulus dari St. Mary’s Hospital Medical School, London. Di kemudian hari, bocah itu dikenal dengan nama Sir Alexander Fleming yang tak lain adalah penemu penisilin.

Setahun kemudian, putra si bangsawan sakit keras kena pneumonia. Untunglah nyawanya tertolong berkat penisilin. Siapakah bangsawan tersebut? Tak lain, Lord Randolph Churchill dan putranya, siapa lagi kalau bukan Winston Churchill. (bits & pieces)

——-

Banyak hal yang bisa terjadi dan berbeda jauh dengan kondisi dan keadaan kita sekarang ini. Rencana Allah adalah sesuatu yang masih misteri bagi manusia. Dia-lah yang maha merencanakan segala sesuatu, dan adakalanya rencana-Nya adalah hal yang tidak bisa kita duga sama sekali.

Adakalanya seorang pengemis yang Anda beri uang di perjalanan pulang bekerja/kuliah, kelak akhirnya bisa menjadi bos Anda. Bisa jadi bos yang tidak anda sukai saat ini kelak menjadi calon mertua Anda. Dan bisa jadi pula orang yang paling tidak anda sukai saat ini kelak menjadi pasangan hidup anda.

Segala sesuatu telah direncanakan dan dijalankan oleh-Nya. Bisa jadi kita sekarang adalah seorang biasa dengan kemampuan biasa dan penuh hal-hal biasa lainnya. Namun yakinlah bahwa dengan izin Allah, pada dasarnya kita akan mampu mengubah diri ini dengan menjadi hal-hal yang luar biasa.

Boleh saja kita saat ini adalah anak seorang petani miskin di pegunungan terpencil di pinggir sebuah kota. Namun tidak ada yang boleh mendakwa bahwa kita selamanya akan tetap begini. Dengan usaha keras dan izin Allah, kita pun berkemampuan untuk menjadi seorang penemu, dan menjadi dokter bagi seorang perdana menteri kelas dunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s