Transfer File Besar tanpa Masalah

Memindahkan dokumen atau spreadsheet di antara PC dan laptop (Sekolah Komputer) Anda sangatlah mudah – Anda tinggal memasukkan disket dan menyalin file tersebut. Tetapi di kala harddisk berukuran raksaksa dan jumlah RAM cukup besar, ukuran file pun juga membengkak. Dan bila Anda membutuhkan file besar – atau sejumlah besar file – di antara dua PC, disket 1,44 MB tidak lagi menjadi sarana yang membuatnya mudah.

Menyambungkan kedua PC ke network, tentu saja, memecahkan masalah transfer file ini. Begitu juga dengan membeli peranti penyimpanan kapasitas besar, seperti Zip drive eksternal atau CD-RW drive. Namun semua itu merupakan solusi mahal. Berikut adalah beberapa alternatif murah.

1. Kompresi.
Untuk memindahkan file yang sedikit lebih besar dari 1,44 MB, disket 3,5 inci masih merupakan solusi efektif. Cobalah memampatkan file tersebut ke sebuah disket dengan menggunakan utiliti kompresi file seperti WinZip 7, program shareware US$ 29 yang tersedia di http://www.winzip.com. Beberapa file akan terkompresi lebih baik daripada yang lain. File dengan banyak teks dan angka sering dapat dimamfaatkan sampai 50% atau lebih. File gambar JPEG, sebaliknya, sudah terkompresi dan tidak akan banyak termampatkan lagi.

Dan bahkan bila Anda dapat mengecilkan file atau beberapa file ke dalam satu disket, WinZip dan utiliti serupa dapat menyimpan file terkompresi pada sejumlah disket. Ini menjadikan disket solusi murah dan mudah untuk transfer file sampai beberapa megabyte.

2. Beli kabel network.
Bila sering memindahkan file besar, Anda menginginkan sesuatu yang lebih cepat dan mudah dibandingkan disket. Alternatif terbaiknya: Sambungkan PC-PC Anda dengan kabel. Membangun network Ethernet untuk transfer file tentu saja mahal dan membutuhkan banyak waktu. Tetapi bila kedua komputer Anda memiliki port USB dan menggunakan Windows 98, Anda dapat membangun network sederhana untuk keduanya dengan cepat dan agak mudah digunakan.

Produk seperti USB Direct Connect (US$ 80) buatan Belkin dan EZ-Ling (US$ 90) dari Anchor Chips memungkinkan Anda membangun koneksi network Windows antara dua PC. Produk ini disertai dengan kabel untuk menghubungkan kedua sistem melalui port USB – tidak diperlukan kartu network. Tetapi Anda perlu mengkonfigurasikan Windows Network, seperti menginstalasi protokol dan mengaktifkan sharing.

Bila pekerjaan ini Anda rumit, cobalah LapLink dari LapLink.com. LapLink memungkinkan Anda mentransfer file melalui kabel USB tanpa mengeset network. Software ini juga memiliki interface sederhana. Anda tinggal mengklik satu kali untuk memindahkan data dan memungkinkan mengontrol komputer Anda secara remote melalui Internet. Sayang harganya lumayan mahal, US$ 149, tidak termasuk US$ 40 untuk membeli kabel USB. LapLink juga bekerja melalui koneksi port paralel yang lebih lambat (harga kabelnya lebih murah), dan dengan koneksi port serial yang jauh lebih lambat (kabel serial disertakan gratis bersama software ini).

3. Gunakan Windows.
Solusi di atas memang baik bila Anda memindahkan sejumlah besar data secara periodik dan Anda tidak memiliki network. Tetapi US$ 149 – atau bahkan US$ 80 – terlalu mahal bagi Anda untuk transfer data yang hanya sekali-sekali. Windows 9x menawarkan alternatif gratis: Direct Cable Connection.

Utiliti Direct Cable Connection disertakan di Windows 95 dan 98 membangun koneksi network antara dua komputer dengan menggunakan software Windows Dial-Up Networking. Setelah hubungan terbangun, drive atau folder yang dibagi-pakai (shared) di komputer host muncul di guest system sebagai folder network dengan nama host dan nama yang diberikan host kepada drive atau folder yang dibagi-pakai (lihat Gambar 1). Melalui folder network ini, guest dapat memindahkan, menyalin, menciptakan, menghapus, dan bahkan membuka dan menyimpan file di drive atau folder yang dibagi-pakai PC host. Anda juga dapat menggunakan utiliti DCC untuk install software pada PC guest, dengan menggunakan CD-ROM drive yang terletak di (dan dibagi-pakai oleh) PC host – sangat praktis bila notebook Anda tidak memiliki CD-ROM drive.

Sebelum Anda dapat menjalankan DCC, Anda perlu terkoneksi ke PC Anda dengan kabel. DCC tidak mendukung USB, sehingga Anda membutuhkan kabel serial khusus – disebut kabel null modem – atau kabel paralel yang lebih cepat, juga dikenal sebagai interlink atau kabel LapLink. Keduanya tersedia dengan harga kurang dari US$ 20.

Juga, sebelum Anda dapat memulai DCC pada salah satu PC, Anda harus mengeset kedua komputer dengan Dial-Up Networking, Client for Microsoft Networks, dan protokol network IPX/SPX. DUN dapat diinstall persis sama dengan install DCC. Untuk install Client for Microsoft Networks, klik-kanan Network Neighborhood (di desktop atau di Windows Explorer), pilih Properties, kemudian klik tombol Add. Sekarang pilih, secara berurutan, Client, Add, dan Microsoft, dan ikuti prompt. Ulangi langkah ini untuk install IPX/SPX di Windows, pilihlah Protocol sebagai ganti Client. Ketika muncul prompt, pastikan Anda membuat setiap nama sistem yang unik, kalau tidak, DCC tidak akan bekerja.

Untuk menjalankan DCC, pilih Start*Programs*Accessories*Communications. Bila Anda tidak melihat daftar untuk Direct Cable Connection di menu, klik-ganda icon Add/Remove Programs di Control Panel. Kemudian klik tab Windows Setup, pilih Communications di daftar Components, klik tombol Details, dan beri tanda cek pada kotak di sebelah Direct Cable Connection. Klik OK dua kali dan ikuti prompt berikutnya. Anda perlu memasukkan CD-ROM Windows 98 untuk memuat file-file program.

DCC mulai dengan program wizard yang harus dijalankan di kedua komputer. Anda diminta menugasi satu komputer sebagai host dan lainnya sebagai guest (lihat Gambar 2). Pada setup ini, PC guest memiliki akses ke PC host, tetapi tidak sebaliknya.

4. Gunakan inframerah.
Anda dapat menghindari masalah pemasangan dan pencopotan kabel bila Anda install koneksi inframerah di antara PC-PC Anda.Windows 95 dan 98 mendukung transfer di antara port inframerah, dan sebagian besar laptop datang dengan port inframerah (IR) terinstalasi. Tetapi Anda mungkin perlu membeli port IR yang terpasang di PC desktop Anda.

Salah satu produk adalah JetEye PC (US$ 99), port IR dari Extended Systems yang bisa dipasang ke port serial PC desktop. Peranti membatasi kecepatan transfer ke port serial maksimum 115Kbps, tetapi ini merupakan kecepatan maksimum yang didukung oleh banyak port IR pada laptop.

Untuk membuat koneksi inframerah, jalankan Infrared Monitor dari Windows pada setiap komputer: Klik icon Infrared pada Control Panel, dan ikuti prompt di layar. Selanjutnya, tempatkan kedua komputer sehingga port IR-nya pada jarak 3 – 6 kaki dengan bebas pandangan di antaranya. Indikator merah di Infrared Monitor akan berubah hijau ketika Anda telah membangun link IR. Windows 98 muncul dengan program tranfer file IR, Infrared Transfer. Pemakai Windows 95 membutuhkan paket transfer file terpisah yang mendukung komunikasi IR (jenis program ini disertakan pada JetEye PC).

Sumber:www.ub.net.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s