Memotivasi Diri Dalam Bekerja

Memotivasi Diri Dalam Bekerja
Tidak ada yang paling buruk dibanding bekerja di pagi hari dengan perasaan tidak memiliki motivasi, jenuh dan tidak terinspirasi untuk bekerja. Lebih buruk lagi jika kita memiliki bos yang sulit, rekan kerja yang tidak kooperatif atau pekerjaan yang sangat banyak.
Reaksi pertama mungkin terpikir ingin keluar, tetapi ini tidak selalu menjadi jawaban. Anda mungkin harus sepakat dengan banyak pekerjaan dalam kerjaaan berikutnya atau situasi yang mungkin bahkan lebih buruk. Dibanding menyerah, masih mungkin berpaling pada pekerjaan dan melihat sesuatu yang berbeda.
Untuk membantu anda merasa lebih berenergi dan termotivasi dalam bekerja, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan:
· Kompromi dengan atasanKita tahu atasan tidak selalu orang yang paling mudah untuk diajak sepakat. Menuntut atasan dengan pribadi yang sulit dapat membuat pekerjaan tertekan. Jangan biarkan perbedaan kepribadian masuk dalam hubungan kerja. Kenali kenyataan bahwa atasan dan anda tidak selalu bertatapan, tetapi pengalamannya dapat menjadi kesempatan baik bagi anda untuk belajar.
Bertahan pada posisi anda sekarang setidaknya selama dua tahun. Sisihkan waktu dan usaha untuk mengenal atasan anda dan lihat segala hal dari sudut pandangnya. Ia tidak akan berada diatas dengan menjadi penurut. Biarkan perbedaan pribadi menjadi jalan untuk belajar skill baru dan memajukan karir.
· ProaktifDibanding menunggu atasan meminta anda sesuatu seperti laporan mingguan, ambilah inisiatif melakukan sesuatu bahkan sebelum diminta. Menjadi inisiator dan proaktif tidak hanya menunjukkan perusahaan anda tengah bekerja tetapi juga membantu anda untuk perusahaan berikutnya dimana anda akan bekerja. Anda telah dicatat memiliki bukti dan membantu ketika ada promosi atau bonus.
· Menentukan tujuanSelalu miliki tujuan dalam pikiran. Buatlah tujuan simple dan kongkrit. Ketika anda memiliki tujuan, anda memiliki gambaran jelas mengenai langkah karir anda dan ini akan menjadi bentuk motivasi diri.
· Kembangkan hubunganBangun hubungan dengan klien, supervisor, rekan kerja dan patner bisnis. Dengan mengembangkan hubungan yang baik, anda tengah memperkuat hubungan dan juga membantu karir anda.
· SabarSeperti Roma, karir todak terbangun dalam satu hari. Pikirkan apa yang anda ingin lakukan. Jangan merendahkan pekerjaan atau posisi dengan menganggapnya tak pantas bagi anda. Ini hanya permulaan, atau batu loncatan menuju sesuatu yang lebih besar di masa depan.
· Terus belajarBuatlah usaha untuk belajar mengenai tugas lain dengan pekerjaan anda meskipun anda sendiri tidak secara langsung terlibat. Anda akan melihat sesuatu dari perspektif lebih luas dan banyak yang bisa dipasarkan.

Sumber: http://www.vision.net.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s