Cari Lowongan Kerja?

Cari Lowongan Kerja?

Jangan Cuma dari Iklan!

– Rajin-rajinlah membaca berita bisnis di surat kabar, majalah atau media lainnya, kalau perlu sekalian media yang membahas khusus masalah bisnis. Dengan demikian Anda bisa memperoleh informasi suatu perusahaan yang ingin melakukan ekspansi atau mengembangkan bisnisnya. Pengembangan bisnis atau ekspansi biasanya membuka peluang bagi karyawan baru. Kemudian Anda bisa mencari tahu alamat lengkap perusahaan tersebut dengan menanyakan pada surat kabar yang bersangkutan. Dan jangan tunggu lama-lama lagi segera kirim deh lamaran ke perusahaan tersebut.

– Tanyakan tentang kemungkinan lowongan pekerjaan pada siapa saja yang Anda kenal, terutama pada teman-teman Anda yang sudah bekerja. Umumnya mereka sudah mengetahui informasi lowongan pekerjaan di kantornya sebelum informasi itu diiklankan. Tetapi jangan terpaku bertanya pada mereka yang berstatus ‘staf’ saja. Kadang satpam dan cleaning service juga sudah tahu ‘bocoran’ lowongan kerja lebih dulu loh.

– Buka buku atau directory atau buku panduan telpon yang memuat daftar perusahaan. Kemudian carilah perusahaan yang kira-kira bergerak di bidang yang sesuai dengan keahlian Anda. Lalu telponlah perusahaan tersebut dan tanyakan kemungkinan adanya lowongan pekerjaan. Atau bisa juga kalau Anda ‘sok pede’ dengan menanyakan, ‘Saya dengar di perusahaan ini sedang membutuhkan karyawan baru ya..?’

– Bacalah jurnal perdagangan dan industri. Dengan cara ini Anda akan lebih mengetahui aktivitas dan tujuan suatu perusahaan yang berpengaruh pada masalah tenaga kerja. Memang, cara ini membutuhkan banyak waktu dan usaha tapi informasi yang Anda peroleh cukup bermanfaat bagi Anda yang sedang ‘hunting’ lowongan kerja.

– Pasang telinga dan mata Anda lebar-lebar atas segala bentuk informasi ‘lowongan kerja’. Misalnya dengan memperhatikan dan mengamati perusahaan mana saja yang akan mempensiunkan karyawannya. Biasanya dengan adanya ‘event’ pensiun berarti juga membuka peluang bagi pendatang baru untuk menggantikan karyawan yang sudah waktunya pensiun. Nah kalau Anda sudah mencoba cara-cara di atas, paling tidak ada satu atau dua informasi lowongan kerja yang akan Anda dapatkan. Tetapi kalau belum, harap sabar. Yang penting terus usaha. Selamat berjuang…!

–sumber:www.astaga.com–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s