Atasi Rasa Takut Gagal Anda!

Atasi Rasa Takut Gagal Anda!

Kegagalan sebetulnya merupakan hal yang manusiawi, karena tidak semua manusia bisa mencapai keberhasilan. Berdasarkan pengalaman, banyak orang yang sangat trauma pada kegagalan, sehingga tak jarang sampai menimbulkan stres dan depresi bahkan sampai menimbulkan gangguan jiwa. Pada beberapa kasus, ada beberapa orang yang takut gagal sebelum bertindak. Sikap ini jelas sangat tidak bagus untuk perkembangan mental seseorang.

Ironisnya, banyak manusia pintar yang akhirnya mengalami kegagalan hanya karena selalu dihinggapi ‘takut gagal’. Sebaliknya, tak jarang manusia yang otaknya biasa-biasa saja namun bisa meraih kesuksesan berkat keyakinan dan rasa percaya diri yang cukup tinggi.

Seorang ahli jiwa pernah mengatakan, di jaman yang semakin kompetitif ini, orang-orang yang mampu bertarung melawan jaman hanyalah orang-orang yang percaya diri, agresif, sedikit nekad, pandai bicara dibarengi dengan pengetahuan yang memadai, dan memiliki performance yang bagus. Sedangkan manusia yang pintar tapi tidak pandai mempresentasikan kepandaiannya, maaf saja, sulit sekali menggapai sukses. Lalu apakah Anda termasuk orang yang takut gagal dan sulit merefleksikan kepandaian Anda? Jika ya, Anda harus merubahnya dari sekarang! Jangan sia-siakan waktu yang berharga ini dengan berbagai macam ketakutan. Ikutilah saran berikut ini:

* Pertama, jangan takut gagal! Tidak takut gagal diasumsikan dengan percaya diri. Sikap ini merupakan modal dasar seseorang untuk menggapai sukses. Karena orang yang percaya diri dan tidak takut gagal adalah orang-orang yang menghargai kemampuannya. Sedangkan orang yang takut gagal dan tidak percaya diri hanyalah orang-orang pengecut yang selalu meragukan kemampuan dirinya. Percayalah jika Anda pede, orang akan tertarik memperhatikan Anda. Dan di saat orang tertarik pada Anda, inilah saatnya bagi Anda untuk unjuk kemampuan.

* Pacu semangat diri dengan mengisi hari-hari Anda dengan kegiatan yang berkualitas. Anda tak kan menghasilkan apa-apa dengan hanya bermenung diri. Jangan lupa, kembangkan pergaulan Anda seluas-luasnya. Ingat, dunia ini tak selebar daun kelor. Jika Anda hanya mengurung diri saja, orang tak akan tahu kalau Anda pandai.

* Jangan terlalu birokratif. Sikap ini hanya akan membuat Anda selalu merasa ragu dan terpentok berbagai macam peraturan. Bersikaplah lebih berani dan sedikit nekad. Karena di saat itu, biasanya muncul kekuatan dari alam bawah sadar yang membuat Anda berani mengeksploitasikan kemampuan.

* Dalam melakukan apapun, jangan mengandalkan kekuatan berpikir Anda semata. Padukan dengan inovasi dan kreatifitas Anda. Selain itu, jangan takut kritik! Mendengar dan menerima kritik merupakan salah satu cara agar Anda bisa mengkoreksi kekurangan Anda.

Bagaimana apakah Anda masih juga takut dengan kegagalan? Ingat, seandainya pun Anda gagal, Anda tak perlu meratapi dan menangisinya. Tapi sebaliknya, Anda harus menghadapi dan menjadikan kegagalan itu sebagai pengalaman berharga. Kemudian bangkitlah untuk menata hari esok yang lebih cerah, dibarengi dengan doa, tentu! [tri*]

–sumber:www.astaga.com–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s