Berani Kaya dan Berani Taqwa(Anif Sirsaeba)

Buku setebal 254 halaman yang ditulis oleh Anif Sirsaeba (adik Habiburrahman El Shirazy, Penulis Nonel Best Seller Ayat-ayat Cinta) merupakan buku ysng mampu menggugah jiwa enterpreunership setiap orang yang membacanya. Diilhami oleh buku 15 ways to increase Your earnings from the qur’an dan sunnah yang ditulis oleh Abu Ammar Yasir Qadhi dalam bahasa Inggris dan diterbitkan oleh Alhidayah Publishing, Birmingham United Kingdom. Buku berani kaya berani takwa telah menyuguhkan bacaan yang mudah dipahami baik dari kalangan manapun.
Penulis buku ini terlihat ingin menyampaikan pesan moral akan kesempurnaan agama Islam dalam memandang materi/harta kekayaan. Sehingga memberikan semangat orang-orang islam agar mencari uang dengan cara-cara yang halal dan menghindarkan diri dari cara-cara yang haram.
Terdapat 15 cara menjadi kaya raya berdasarkan Al-qur’an dan Sunnah yang dibahas dalam buku ini, diantaranya adalah :
1. Berani Bertaqwa
Di dalam Al-Qur’an Allah menjanjikan kepada orang-orang yang bertakwa berupa tambahan rizki yang tak disangka-sangka. Lihat saja janji Allah dalam surat Al-Thalaq 2-3 berikut ini :
”…..barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar . Dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan brang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap- tiap sesuatu.”
2. Berani Bertobat dan Beristighfar
Ada beberapa peristiwa yang ditemukan Al-Quran dan Assunah yang menunjukan bahwa memohon ampun atau bertobat itu bisa menambah rizki seseorang sesuai dengan firman Allah dalam QS Nuh 10-12 dimana nabi Nuh berkata kepada kaumnya :
“ Maka aku katakana pada mereka: “Mohon ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah maha pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”
3. Berani Tawakal
Tawakal adalah ketika kita kita mengikatkan diri dan hati kita hanya kepada Allah dan pasrah dengan takdirnya. Seseorang yang tawakal aka sadar benar bahwa tiada kekuatan untuk memperoleh kebaikan atau menghindari perbuatan jahat kecuali atas izin Allah dan semua berkah dan bencana adalah akibat dari putusan Allah SWT
4. Berani beribadah dan Menyembah Allah
Sahabat Abu Hurairah mengatakan bahwa Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda” Allah ta’ala telah berfirman, “ Wahai anak Adam! luangkan waktumu sejenak untuk menyembahku, aku akan menganugrahimu kekayaan dan menghilangkan kemiskinanmu. dan jika kamu tidak menyembahKu, Aku akan membuat dirimu sibuk dan tidak akan menghapuskan kemiskinanmu.
5. Berani Bersyukur
Allah SWT berfirman pada QS Ibrahim 7, “ Dan (ingatlah), tatkala tuhanmu memaklumkan , Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami akan menambah (nikmt) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmatKu) maka sesungguhnya azabKu sangat pedih.”
6. Sering Menunaikan Ibadah Haji
Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa “Ikutlah antara haji dan umrah menghapuskan kemiskinan dan dosa-dosa seperti tungku api panas yang membersihkan besi, emas, dan perak yang kotor. Dan haji yang mabrur tidak ada balasan kecuali surga !”
7. Berani Membina Silaturahmi
Nabi Muhammad SAW telah memberitahukan kepada kita bahwa barang siapa bertakwa kepada Allah dan membina tali silaturahmi niscaya uangnya akan ditambah dan keluarganya akan mencintainya.
8. Berani berinfak di jalan Allah
Dari Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda “ Allah telah berfirman “ Wahai Anak Adam infakanlah hartamu, Aku akan menambah hartamu!
9. Berani berhijrah karena Allah
Allah telah berjanji dalam firmannya “ Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di jmuka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rizki yang banyak. Barang siapa yang keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul Nya kemudian kematian menimpanya (sebelum sempat sampai di tempat yang dituju) maka sungguh adalah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS AnNisa 100)
10. Berani Menikah
“ Dan kawinkanlahorang-orang yang sendirian diantara kamu dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu dan lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunianya. Dan Allah maha Luas (pemberianNya) dan lagi maha mengetahui. (QS AnNur 32)
11. Berani Membantu Penuntut Ilmu
12. Berani Berbuat Baik Terhadap Fakir Miskin
Rasulullah SAW bersabda Bukankah satu-satunya alasan kamu diberi kemenangan (melawan musuh-musuhmu) dan ditambah dengan makananmu adalah karena kelemahanmu.
13. Berani Jujur dalam Berbisnis
Ketika anda yakin pada Allah kemudian anda berani berlaku jujur dalam bisnis Allah akan memberikan berkah dan nikmat atas transaksi-transaksi anda
14. Berani Menjadikan Akhirat Sebagai Tujuan Utama
HR Ibnu Majjah dan Al Hakim, “ Barang siapa yang menjadikan akhirat sebagai seluruh tujuan dari tujuan-tujuannya maka Allah akan mencukupkan (kebutuhan-kebutuhan) duniawinya. dan barang siapa yang memperbanyak tujuan-tujuan untuk dunia maka Allah tidak peduli di lembah mana ia dibinasakan.”
15. Berani Berusaha dan Berdoa
“ Berdoalah kepadaku niscaya Akan Kukabulkan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS Al Muminun 60)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s