PUTRI PUPUT MAWAR MEWANGI

Alkisah di suatu kerajaan terdapat seorang putri yang cantik jelita bernama Puput Mawar Mewangi. Ia sangat dikagumi keluarga dan rakyatnya. Namun sayang ia tidak suka mengerjakan pekerjaan rumah seperti memasak, menyapu, mencuci dan kegiatan rumah yang lainnya. Rencananya Putri Puput akan dinikahkan dengan seorang pangeran yang amat tampan, sopan dan cerdas yang berasal dari kerajaan tetangga. Pangeran tersebut sangat hobi berburu, karena ketajaman pengelihatannya dalam menangkap hewan buruan pangeran tersebut dijuluki Pangeran Alis Tebal.

Ketika sedang menyanyi di taman bunga Putri Puput menemukan kupu-kupu yang sangat indah. Sayapnya berwarna warni dan memantulkan cahaya matahari. Putri Puput tidak berhasil menanggapnya.  Karena penasaran Putri Puput pergi mengejar si Kupu-kupu itu hingga masuk ke dalam hutan dan akhirnya tersesat. Di tengah hutan sang putri sangat ketakutan. Bajunya yang indah kini menjadi kotor dan robek karena tersangkut ranting berduri. Kulit sang putri pun kini menjadi hitam dan kasar karena sudah lama tidak mandi. Yang ia makan hanyalah buah-buahan yang berasal dari hutan. Hingga suatu saat ia bertemu dengan Pangeran Alis Tebal ketika ia sedang berburu. “Pangeran tolong hamba, hamba adalah Putri Puput Mawar Mewangi dari kerajaan tetangga. Hamba tersesat di tengah hutan dan tak bisa kembali. Hamba mohon diantarkan ke kerajaan hamba.”

“ Aku tidak percaya padamu. Yang aku tahu Putri Puput Mawar Mewangi adalah putri yang cantik jelita, sedangkan kamu kotor dan jorok layaknya gelandangan dan pengemis.” Dengan pandangan yang tajam dan penuh kecurigaan Pangeran Alis Tebal berusaha meninggalkan Putri Puput. Namun karena putri bersikeras meyakinkan pangeran untuk mengantarkan ke kerajaannya akhirnya pangeran mengalah. “Baiklah kamu akan kubawa ke kerajaanku”,

Di kerajaannya pangeran menyuruh Putri Puput untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci, memasak, menyapu lantai dan lain-lain dengan imbalan sejumlah uang. Ia ditempatkan di dalam ruangan yang gelap dan sempit berbeda dengan suasana yang ia peroleh di kerajaannya dulu. “ Mengapa nasibku jadi sepert ini?” keluhnya. Berbulan-bulan ia bekerja pada kerajaan Pangeran Alis Tebal. Hingga sang Putri merasa uang yang ia peroleh telah mencukupi untuk pulang  maka ia pulang ke kerajaanya.

Putri Puput disambut dengan sorak gembira oleh rakyat dan kerajaanya. Mereka senang karena putri yang disangka hilang dan meninggal akhirnya datang kembali. Sekembalinya di kerajaan Putri Puput akhirnya menjai putri yang rajin. Setiap hari ia giat mengerjakan pekerjaan rumah walaupun istana memiliki banyak pelayan. Di akhir cerita Putri Puput Mawar Mewangi akhirnya menikah dengan Pangeran Alis Tebal. Pangeran tidak menyangka bahwa perempuan yang ia tolong di tengah hutan adalah seorang putri yang kini dinikahinya. Mereka pun akhirnya hidup bahagia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s